Riset Ipsos 2025 Ungkap Dampak Ekosistem E-Commerce terhadap Pertumbuhan UMKM dan Brand Lokal

--
Pengaruh program & kampanye tematik Bagi pelaku usaha lokal, partisipasi kampanye berskala besar seperti Ramadan menjadi salah satu momentum besar dalam perjalanan bisnis mereka. Dengan tingginya intensitas belanja selama periode ini, para platform e-commerce pun saling adu strategi lewat kampanye tematik yang kompetitif dan menarik, seperti Shopee Big Ramadan Sale, Ramadan Ekstra Seru di TikTok Shop dan Tokopedia, serta Ramadan Mega Sale Lazada. Untuk memahami sejauh mana efektivitas masing-masing kampanye, hasil riset berikut ini mengungkapkan;
Brand: Shopee
Tingkat Partisipasi Ramadan: 94%
Dampak Kampanye Ramadan: 93%
Brand: Shopee: Tiktok Shop
Tingkat Partisipasi Ramadan: 65%
Dampak Kampanye Ramadan: 77%
Brand: Shopee: Tokopedia
Tingkat Partisipasi Ramadan: 54%
Dampak Kampanye Ramadan: 60%
Brand: Shopee: Lazada
Tingkat Partisipasi Ramadan: 35%
Sumber: