Daftar Tunggu PBI JK Kota Serang Capai 10 Ribu Jiwa

Daftar Tunggu PBI JK Kota Serang Capai 10 Ribu Jiwa

Kepala Bidang Limjasos Dinsos Kota Serang Tanlia, pada saat diwawancarai oleh awak media, Rabu (11/9/2024).-Een Amelia-

TANGERANGEKSPRES.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Serang melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kota Serang mengatakan saat ini jumlah daftar tunggu Penerimaan Bantuan Iuran (PBI) Jaminan Kesehatan (JK) sudah mencapai 10 ribu jiwa.

 

Adanya daftar antrian yang membeludak dikarenakan kuota PBI JK Kota Serang pada tahun 2024 tidak mengalami penambahan, hal ini pun disebabkan oleh keterbatasan anggaran. Adapun, kuota PBI JK saat ini sebanyak 43 ribu jiwa.

 

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial (Limjasos) Dinsos Kota Serang, Tanlia mengatakan karena keterbatasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), Dinsos Kota Serang hanya dapat  memenuhi 43 ribu jiwa dari ratusan pendaftar PBI JK di Kota Serang. 

 

"Jadi kuota 43.000 itu akumulasi dari tahun-tahun sebelumnya sampai dengan tahun 2024 ini jumlahnya belum bertambah masih 43.000," Kata Tanlia, Rabu (11/9/2024).

 

Tanlia menuturkan pada tahun ini pendaftar PBI JK Kota Serang mengalami peningkatan, dan tidak sebanding dengan kuota yang disediakan. Sehingga daftar tunggu pun terus mengalami penambahan.

 

"Untuk yang mengajukannya sendiri, sebenarnya daftar tunggunya sudah cukup banyak. Jadi memang untuk saat ini daftar tunggunya sudah hampir 10.000," tuturnya.

 

Bahkan, Tanlia mengaku dari 43 ribu kuota, pihaknya harus menyisakan kuota PBI JK untuk bayi baru lahir atau BL. Karena dikhawatirkan ada kondisi darurat dari BL yang harus segera ditangani.

 

Sumber: