Alami Krisis Air Bersih, BPBD Salurkan 98 Ribu Liter Air Bersih ke 17 Desa di Lebak

Alami Krisis Air Bersih, BPBD Salurkan 98 Ribu Liter Air Bersih ke 17 Desa di Lebak

Warga di Cileles antre untuk mendapatkan air bersih dari BPBD Lebak, Senin (9/9/2024).--

TANGERANGEKSPRES.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak mengaku telah  mendistribusikan pasokan air bersih ke 17 desa yang tersebar di 8 kecamatan di Lebak yang mengalami krisis air bersih akibat kemarau.

 

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak , Febby Rizki Pratama mengatakan, pihaknya mendistribusikan air bersih ke desa-desa yang dilanda krisis air akibat kekeringan. Hingga saat ini, pihaknya sudah mendistribusikan air bersih di 17 desa di 8 kecamatan sebanyak 98.000 liter dengan penerima 2.280 kepala keluarga.

 

"Iya sesuai permintaan, kita distribusikan air secara bertahap dengan mobil tangki yang ada," kata Febby, kepada wartawan, Senin (9/9/2024).

 

Menurut Febby, kekeringan yang menimbulkan krisis air bersih diperkirakan bisa meluas menyusul kemarau panjang masih berlangsung. Dengan demikian, pihaknya komitmen melayani masyarakat untuk memenuhi permintaan pasokan air bersih.

 

"Persyaratan permohonan air bersih itu dilengkapi surat dari desa setempat yang mengalami kekeringan, itu saja persyaratannya agar desa dan camat mengetahui," ujarnya.

 

Selanjutnya, kata dia, BPBD Lebak menyalurkan air bersih dan didistribusikan di satu titik lokasi agar semua warga terlayani. Sehingga, petugas dari BPBD tidak berkeliling lagi ke setiap rumah warga.

 

"Hingga kini kami masih mendistribusikan pasokan air bersih setelah masyarakat mengajukan permohonan," paparnya.

 

Sumber: