Inspektorat Kabupaten Serang Fokus Tingkatkan Kualitas SDM

Inspektorat Kabupaten Serang Fokus Tingkatkan Kualitas SDM

Inspektur Inspektorat Kabupaten Serang Rudy Suhartanto.-Agung Gumelar tangerangekspres.id-

TANGERANGEKSPRES.ID - Inspektorat Kabupaten Serang saat ini, sedang fokus meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), kepada tenaga auditor dan pejabat fungsional Pengawas Penyelenggara Urusan Pemerintah Daerah (PPUPD).

 

Salah satu caranya, dengan merubah pola kerja inspektorat yang semula untuk pengawasan 60 persen dan pembinaan 40 persen, kini terbalik menjadi pembinaan 60 persen dan pengawasan 40 persen.

 

Inspektur Inspektorat Kabupaten Serang Rudy Suhartanto mengatakan, pola kerja di Inspektorat Kabupaten Serang saat ini berubah, lebih banyak ke pembinaan daripada pengawasan, dengan perbandingan 60 dan 40 persen. 

 

Hal itu dilakukan, karena di inspektorat terdapat dua jenis auditor yaitu, auditor keuangan dan PPUPD auditor manajemen pemerintahan, yang tugasnya meningkatkan pengelolaan pemerintahan daerahnya.

 

"Mereka ini yang pembinaannya harus banyak, kami sudah rapat nasional intinya fokus bagaimana memanajemen pemerintahan. Jadi, jangka panjangnya bukan lagi hukuman, tapi bagaimana mencegah dan meminimalisir korupsi, kita fokus kesana," katanya, Selasa 27 Agustus 2024.

 

Rudy mengatakan, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah menyetujui permintaannya, untuk penambahan PPUPD sebanyak 16 orang dan akan segera dilantik.

 

Namun, untuk waktunya masih menunggu jadwal kapan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah tidak sibuk, agar pada pelantikannya tidak bentrok.

 

Sumber: