Tekan Inflasi, Disketapang Lebak Gelar Gerakan Pangan Murah Selama 4 Hari

Tekan Inflasi, Disketapang Lebak Gelar Gerakan Pangan Murah Selama 4 Hari

Sekda Lebak, Budi Santoso saat meninjau kegiatan GPM di alun-alun Rangkasbitung, Kamis (22/8/2024).-A Fadilah/Tangerang Ekspres-

TANGERANGEKSPRES.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak kembali menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) selama 4 hari mulai 22 - 25 Agustus 2024, di Alun-alun Rangkasbitung. Kegiatan GPM dilaksanakan sehubungan dengan rangkaian peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 79 ini juga digelar dalam rangka menekan inflasi daerah.

Benu Dwiyana, Kepala Bidang Distribusi dan Sumberdaya Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lebak menjelaskan, pelaksanaan GPM ini bekerjasama dengan pihak ketiga selaku penyedia produk dan komoditas.

"Kita menyediakan berbagai komoditi, diantaranya beras, Telur, Sayuran dan bahan pokok lainnya," kata Benu kepada Tangerang Ekspres, Kamis (22/8/2024).

Selain itu, kata Benu, GPM ini juga dilaksanakan sejalan dengan Roadshow Bus KPK di Kabupaten Lebak.

"KPK hanya menyelenggarakan saja, sementara kami memfasilitasi, Jadi semua produk dan komoditas yang akan dijual kepada masyarakat nanti itu murni dari pihak ketiga/vendor yang merupakan pendistribusi langsung, kita Pemkab Lebak hanya menyediakan tempat saja," tuturnya.

Adapun harga jual komisi kepada masyarakat, lanjut Benu, sesuai harga jual oleh vendor. Dengan mengundang vendor sebagai penyedia dan penjual produk langsung kepada masyarakat tambah Benu, pihak pemerintah berupaya memotong jalur distribusi sehingga harga yang dilepas kepada masyarakat pada GPM ini lebih rendah daripada harga dipasaran.

"Gerakan Pangan Murah ini terbuka bagi seluruh masyarakat, tidak kita batasi pembeliannya," ucap Benu.

Meskipun anggaran kegiatan bersumber dari APBD Kabupaten Lebak, namun Benu memastikan harga jual tidak disubsidi oleh Pemerintah.

"Jadi harga langsung dari distributor, tidak kita tentukan, mereka yang tentukan," paparnya.(*)

Sumber: