Sachrudin Ajak Masyarakat Kota Tangerang Lestarikan Budaya Palang Pintu

Sachrudin Ajak Masyarakat Kota Tangerang Lestarikan Budaya Palang Pintu

Sachrudin Hadiri Pembukaan Festival Palang Pintu di Kawasan Situ Cipondoh, Kota Tangerang.-Ahmad Syihabudin-

TANGERANGEKPRES.ID -- Bakal Calon Walikota periode 2024-2029 dan juga Mantan Wakil Walikota Tangerang dua periode, Sachrudin mengajak seluruh seniman dan budayawan bersama-sama menjaga dan merawat serta melestarikan warisan budaya yang ada di Kota Tangerang.

 

Hal tersebut diungkapkan Sachrudin kepada Tangerang Ekspres usai menjadi tamu kehormatan pada pembukaan Festival palang pintu tingkat kota Tangerang di kawasan Situ Cipondoh, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Banten, Minggu (23/6/2024).

 

Diketahui, Festival budaya palang pintu tingkat kota Tangerang itu digelar atas kerjasama antara saniman dan budayawan Barisan Jawara Tangerang dan Jawara Benteng.

 

"Kesenian dan Budaya kota Tangerang itu harus dilestarikan, dikembangkan dan di rawat, saya sangat mengapresiasi kegiatan budaya seperti ini," kata dia.

 

Sachrudin berharap dan meminta pemerintah daerah (Pemkot) Tangerang dapat menjadi drigen (pemimpin,red) dalam  memfasilitasi berbagai kegiatan-kegiatan kesenian dan kebudayaan yang melibatkan seniman-seniman lokal Kota Tangerang.

 

"Pada kegiatan festival-festival kebudayaan itu memerlukan kerjasama baik pemerintah maupun masyarakat. Ini agar menjadi semakin menarik dan dapat mengajak masyarakat dari daerah lain datang ke kota Tangerang," katanya.

 

Kesenian Palang Pintu merupakan tradisi yang menjadi bagian dari upacara pernikahan masyarakat Betawi, penampilan palang pintu di Kota Tangerang adalah salah satunya sering digunakan. Tradisi Palang pintu ini menggabungkan seni beladiri dengan seni sastra pantun.

 

Sumber: