Iip Miftahul Khoiri Ingin Fokus Peningkatan IPM Dan Tenaga Kerja

Iip Miftahul Khoiri Ingin Fokus Peningkatan IPM Dan Tenaga Kerja

Bakal calon Bupati Serang Iip Miftahul Khoiri, menyampaikan visi dan misi yang di gelar DPW Partai Nasdem Provinsi Banten, di Hotel Aston Serang, Kota Serang, Rabu 15 Mei 2024.--

TANGERANGEKSPRES.ID - Bakal calon Bupati Serang Iip Miftahul Khoiri, menyampaikan visi dan misi yang di gelar DPW Partai Nasdem Provinsi Banten, di Hotel Aston Serang, Kota Serang, Rabu 15 Mei 2024.

Dalam penyampaiannya, Iip berkeinginan untuk fokus dalam peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), dan tenaga kerja asal Kabupaten Serang yang berkualitas tinggi.

Iip mengatakan, di Kabupaten Serang terdapat wilayah industri besar, namun masih banyak masyarakatnya yang menjadi pengangguran, penyebabnya karena belum adanya pemerataan berkaitan dengan tenaga kerja.

Apabila terpilih sebagai Bupati Serang, dirinya ingin industri lebih memprioritaskan masyarakat ber KTP Kabupaten Serang, serta memperbanyak pelatihan kerja.

"Saya ingin memperbanyak pelatihan kerja untuk masyarakat Kabupaten Serang, karena masuk ke industri diperlukan adanya skill yang memumpuni. Terlebih, saya akan meminta industri untuk memprioritaskan masyarakat ber KTP Kabupaten Serang, untuk bisa lebih dulu mendapatkan pekerjaan," katanya.

Iip mengatakan, bakal membuat aplikasi terkait penerimaan atau lowongan kerja, yang langsung terkoordinasi dengan Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Serang.

Tujuannya, supaya masyarakat Kabupaten Serang dapat lebih mudah mencari lowongan pekerjaan, yang dibuka oleh industri dan nantinya bakal dibantu oleh Disnakertrans Kabupaten Serang dalam pembuatan kartu kuning atau AK 1 nya.

"Dengan begitu, siapapun bisa mengakses aplikasi tersebut supaya memudahkan Pencaker asal Kabupaten Serang mencari pekerjaan," ujarnya.

Sedangkan untuk IPM Kabupaten Serang, kata Iip, meski angkanya turun namun jangan dianggap puas, karena peningkatan terhadap IPM masih harus ditingkatkan agar mendapatkan sumberdaya manusia yang berkualitas.

Ada beberapa sektor dalam peningkatan IPM, seperti pada pendidikan yang dinilainya masih banyak kekurangan, terlihat dari sekolah swasta yang masih dianggap belum layak untuk pendidikan di Kabupaten Serang.

Kemudian, kesehatan yang masih belum merata ke seluru wilayah seperti di Pulau Tunda dan Pulau Panjang, yang masih sangat minim fasilitas kesehatannya.

"Hal itu yang menjadi fokus kami dalam membangun Kabupaten Serang, seperti infrastruktur sekolah, pendidikan di sekolah swasta masih dianggap sebelah mata dan kesehatan di wilayah terjauh masih sangat minim fasilitasnya. Apabila saya terpilih tentu akan saya lakukan, dan bereskan semua permasalahan itu," ucapnya. (*)

Sumber: