Proyek Strategis Nasional Tol Serpan tahap ll Dinilai Abaikan Hak Warga

Proyek Strategis Nasional Tol Serpan tahap ll Dinilai Abaikan Hak Warga

Lahan milik warga Desa Bendungan, Kecamatan Banjarsari, Lebak terendam akibat proyek strategis nasional tol Serpan, Selasa (7/5/2024).-A Fadilah-

TANGERANGEKSPRES.ID - Lahan warga Desa Bendungan, Kecamatan, Banjarsari, Kabupaten Lebak yang tergenang air akibat proyek Tol Serang Panimbang (Serpan) meluas. Hal ini disebabkan intensitas hujan yang tinggi ditambah proses pembuatan drainase oleh pelaksana proyek strategis nasional (PSN) itu terhenti.

 

Pantauan di lapangan, genangan air di lahan dan perkebunan warga volumenya terus meningkat. Lahan warga yang awalnya tidak terdampak karena berada di dataran tinggi kini mulai dimasuki air. Batang-batang kayu dan saung-saung yang dibuat warga juga sudah tidak tampak dan berada di dalam air.  Aneka jenis tanaman dan kayu yang tergenang secara perlahan membusuk dan mati.

 

Arjun, korban genangan air mengatakan, volume air terus bertambah lantaran drainase tak kunjung dinormalisasi. Akibatnya, lahan kebun, sawah serta usaha Budi daya milik warga tidak lagi bisa dimanfaatkan untuk usaha.

 

“Sudah hampir enam bulan sebagian kebun saya tergenang dan saat ini airnya semakin tinggi. Kalau hujan terus saya yakin seluruh kebun dan daratan disini akan terendam,” kata Arjun, kepada wartawan, Selasa (7/5/2024).

 

Masih kata Arjun, warga yang menjadi korban genangan air sudah melayangkan protes dan menuntut ganti rugi yang dilayangkan ke PT WIKA dan PT ANG melalui aparat desa setempat. Bahkan kata Arjun masalah ini juga sudah dilaporkan ke DPRD Lebak. 

 

"Kami mohon pihak pelaksana proyek bertanggungjawab dan mengganti rugi kepada warga. Jangan sampai proyek yang diprogramkan Bapak Presiden Jokowi ini malah membuat warga kehilangan haknya,” tegasnya.

 

Senada dengan Arjun, pemilik lahan yang terendam yakni Muhaemin membenarkan jika selama enam bulan terakhir mata pencaharian warga hilang akibat lahannya tergenang. Muhaemin meminta pelaksana proyek tidak tutup mata dengan penderitaan warga. 

 

Sumber: