Susun Program Kegiatan, ASN Kota Tangerang Jangan Copas

Susun Program Kegiatan, ASN Kota Tangerang Jangan Copas

Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Nurdin-Abdul Aziz-

TANGERANGEKSPRES.ID - Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Nurdin mendorong aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Pemkot Tangerang meningkatkan kinerjanya. Selain itu, dalam dalam menyusun perencanaan program kegiatan maupun menyusun penganggaran dilakukan secara detail dan terperinci.

"Jangan cuma copas dari tahun-tahun sebelumnya atau cuma asal dilemparkan ke bawahan apalagi sampai dikerjakan mepet deadline. Karena program dan pelayanan harus dapat lebih baik dari tahun sebelumnya. Itulah pentingnya evaluasi secara menyeluruh dan cermat," tegas Nurdin saat membuka pelatihan teknis evaluasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (AKIP) dan pengawasan pengarusutamaan gender (PUG) di lingkungan Inspektorat Kota Tangerang, di Aula Inspektorat, Selasa, (23/4/2024).

Mantan Pj Bupati Aceh Jaya ini mengatakan, pentingnya evaluasi sebagai salah satu indikator dalam implementasi dan perencanaan sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP) yang bermuara pada optimalisasi penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan terhadap masyarakat.

"Evaluasi kinerja tentu sangat diperlukan agar penyelenggaraan pemerintahan dapat berjalan dengan optimal," ujarnya.

Salah satu indikator untuk melakukan evaluasi perangkat daerah di lingkup Pemkot Tangerang dapat dilihat melalui kanal pengaduan LAKSA

"Kira-kira di instansi mana dan di bidang mana yang masih ada pengaduan dan itulah yang harus dievaluasi. Ini salah satu contoh saja dan tentunya masih banyak indikator-indikator lain yang dapat kita manfaatkan sebagai bahan evaluasi kinerja kita," kata Nurdin.

Mantan Kepala Pusdatin Kemendagri mengimbau agar pemeriksa dan tim penilai internal agar terus meningkatkan kemampuan dan pengetahuan serta dapat beradaptasi dengan segala perubahan yang ada baik di tingkat pemerintah pusat maupun daerah agar dapat lebih tepat dan cermat dalam melakukan evaluasi kinerja pegawai.

"Kita ingin semuanya dapat mengupgrade diri agar dapat beradaptasi supaya dapat menyesuaikan perubahan yang ada di tingkat pusat maupun daerah. Harus cepat dipahami dan tindaklanjuti," pungkasnya.(*)

Sumber: