Piala Asia U-23 2024: Optimis Lolos, Main Menyerang Jangan Bertahan

Piala Asia U-23 2024: Optimis Lolos, Main Menyerang Jangan Bertahan

Ilham Jayakesuma-Aris Maulansyah-

TANGERANGEKSPRES.ID -- Hanya butuh hasil imbang saat menghadapi Yordania dalam laga terakhir penyisihan Grup A Piala Asia U-23, Minggu (21/4/2024) malam pukul 22:30 WIB dipastikan membuat Indonesia lolos ke babak perempatfinal.

Namun hal ini diharamkan oleh Ilham Jayakesuma mantan striker timnas Indonesia yang mengharapkan timnas mengejar kemenangan saat jumpa Yordania. Ini ditekankan oleh Ilham, karena ada keuntungan jika timnas U-23 besutan Shin Tae-yong mengejar kemenangan dan mampu meraihnya.

"Yang pasti mental bertanding akan meningkat menghadapi babak perempat final karena spirit kemenangan akan terus membuat pemain ketagihan untuk bisa mengulangnya di laga selanjutnya," ungkap Ilham.

Dan menurut Ilham Indonesia punya potensi untuk bisa mendulang tiga poin alias kemenangan. Penampilan saat menghadapi Australia adalah salah satu modal Rafael Struick dkk bisa meraih kemenangan.

"Khususnya di babak pertama, pemain tidak canggung beradu kemampuan dengan pemain Australia. Ini juga harus dilakukan saat menghadapi Yordania, pemain harus berani mengembangkan permainan terbuka," ulas top skor Piala Tiger 2004 dengan 7 gol.

"Pilihannya adalah menyerang dan membuat kemenangan, karena kalau hanya target seri saya khawatir tertanam dalam pikiran pemain adalah bertahan. Dan saya yakin Shin Tae-yong juga punya waktu untuk membenahi finishing touch atau penyelesaian akhir para pemain yang di babak pertama lawan Australia gagal menjadi gol," ujarnya.

Saat ditanya soal skor akhir pertandingan ini, Ilham menyebut jika tampil ofensif semula ia melihat peluang menang 2-0.

"Tapi di laga yang menentukan seperti ini, biasanya sulit untuk membuat banyak gol karena faktor suasana pertandingan. Saya prediksi kemenangan tipis 1-0 atau 2-1," ramal Pelatih Persita U-20 yang meraih gelar runner-up di ajang Elite Pro Academy Liga 1 2023/2024.. (*)

Sumber: