Arus Balik Lebaran, Petugas Gabungan Tingkatkan Keamanan

Arus Balik Lebaran, Petugas Gabungan Tingkatkan Keamanan

Petugas Polresta Bandara Soekarno Hatta tengah memberikan sosialisasi kepada penumpang terkait keamanan di Bandara Soekarno Hatta.--

TANGERANGEKSPRES.ID - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bandara Soekarno-Hatta meningkatkan keamanan dan pelayanan selama masa arus balik Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi.

Kapolresta Kombes Pol. Roberto Pasaribu mengatakan, guna memberikan pengamanan dan pelayanan terhadap para pemudik, pihaknya telah menyiagakan sejumlah fasilitas arus balik Lebaran di antaranya Posko Pelayanan (Posyan) dan Posko Pengamanan (Pospam) di Terminal 1, 2 dan 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan  Posko Terpadu di Terminal 1, Call Center Halo Polisi 110, serta pelayanan pengamanan tertutup untuk mengantisipasi terjadinya aksi kejahatan pencurian bagasi dan barang bawaan penumpang pesawat.

"Untuk memberikan pelayanan arus balik mudik Hari Raya Idul Fitri tahun ini kami juga melakukan pengaturan kelancaran lalu lintas pada arus balik ke arah Jakarta, Tangerang maupun arah Bandara Soekarno-Hatta, seiring dengan dioperasikannya jalur Little Semanggi atau east Flyover di Bandara Soekarno-Hatta," kata Kombes Pol. Roberto dalam keterangan rilisnya, Minggu (14/4/2024).

"Kami menyediakan Posyan  untuk pemudik bisa melakukan cek kesehatan gratis dan bisa untuk beristirahat sejenak," sambungnya.

Dia memaparkan, sebanyak 230 personel gabungan dari unsur TNI-Polri dan bekerja sama dengan pemangku kepentingan di Bandara Soekarno Hatta disiagakan untuk menangani pelayanan arus balik lebaran tahun ini. Pihaknya juga menyiapkan Posko Pengendalian (Command Center), Sentral Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Mobile, Dokkes Polri dan armada ambulans.

"Dari kepolisian kita siagakan sekitar 125 personel, TNI 30 personel, Avsec 50 personel, Kesehatan Pelabuhan 10 personel, Gegana Brimob 10 personel," ujarnya.

Berdasarkan data dari Angkasa Pura II, lanjut Roberto, arus balik di Bandara Soetta telah mengalami lonjakan penumpang mulai Kamis, 11 April 2024 dengan jumlah penumpang pesawat mencapai 121.325 orang, kemudian pada Jumat, 12 April 2024 sebanyak 133.923 orang. Pada Sabtu, 13 April jumlah penumpang pesawat mencapai 153.658 orang dan pada Minggu 14 April 2024 mencapai 173.847 orang.

"Puncak arus balik di Bandara  Soekarno-Hatta diprediksi terjadi pada Senin 15 April 2024. Dari tanggal 3 sampai dengan 13 April 2024, jumlah penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta mencapai 1.634.474 orang," paparnya.

Dia menambahkan, siring dengan terus meningkatnya jumlah penumpang pesawat tersebut, Roberto mengimbau kepada para pemudik agar senantiasa menjaga kesehatan dan juga keselamatan diri serta mengikuti aturan penerbangan, termasuk mengetahui kategori barang yang dilarang untuk diangkut oleh pesawat serta menjaga barang berharga yang dibawa.

"Melalui momen lebaran ini, kami dari Polresta Bandara Soekarno-Hatta mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, mohon maaf lahir dan batin," ucapnya. (*)

Sumber: