Polres Tangerang Selatan Larang Takbir Keliling di Jalan Raya Menggunakan Kendaraan

Polres Tangerang Selatan Larang Takbir Keliling di Jalan Raya Menggunakan Kendaraan

Kapolres Tangsel AKBP Ibnu Bagus Santoso-Humas Polres Tangsel for Tangerang Ekspres-

TANGERANGEKSPRES.ID - Polres Tangsel melarang takbir keliling menyambut Idul Fitri 2024 menggunakan kendaraan di jalan raya. Pasalnya, kegiatan takbir keliling di jalan raya justru cenderung membahayakan pelaksanaan takbir sendiri. 

Kapolres Tangsel AKBP Ibnu Bagus Santoso mengatakan, salah satu bahaya yang bisa diakibatkan dari takbir keliling di jalan raya adalah kecelakaan lalu lintas yang sangat mungkin terjadi.

"Takbir keliling tidak diperbolehkan, silahkan dilingkungan masing-masing saja," ujarnya kepada TANGERANGEKSPRES.ID, Rabu (3/4/2024).

Ibnu menambahkan, bila nantinya ada yang melakukan takbir keliling menggunakan mobil di jalan raya, maka pihaknya akan mengalihkan atau mendorong untuk dikembalikan ke wilayah masing-masing.

"Tidak ada takbir keliling dan ini untuk antisipasi keributan atau tawuran dan hal-hal yang tidak diinginkan," tambahnya.

Menurutnya, untuk mengantisipasi takbir keliling dengan menggunakan kendaraan, polisi akan menyiagakan pasukan di beberapa titik yang dianggap rawan kemacetan.

"Kami akan melakukan antisipasi kegiatan itu dengan menggelar pasukan pada malam hari untuk melakukan pengamanan-pengamanan di jalur-jalur tententu," jelasnya.

Lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 2002 tersebut menjelaskan, pihaknya menganjurkan untuk tidak melaksanakan takbir keliling di jalan raya. Karena takbir keliling lebih banyak membahayakan daripada manfaatnya.

"Kami mengamankan sesuai surat dari menteri agama. Takbir keliling dapat menimbulkan bahaya kriminalitas," ungkapnya.

Sementara itu, untuk pelayaman dan mengamankan arus mudik Polres angsel mendirikan 8 pos pengamanan (Pospam) dan 1 Pos Pelayanan (Posyan). Pospam dan posyan tersebut dibangun di beberapa titik yang ada dibawah wilayah hukum Polres Tangsel. Pospam dan posyan sudah mulai beroperasi sejak, Rabu (3/4/2024) sampai 16 Maret mendatang.

8 pospam berada di Legok Permai, Fly Over Ciputat, Pamulang Square, Bintaro XChange, Living World Alam Sutera Perempatan Muncul Setu, TL Epicon Pagedangan dan Gading Serpong Kelapa Dua.

"Sedangkan posyan berada Bitung, Kabupaten Curug," tuturnya. (*)

Sumber: