Modal Berprestasi di Level Nasional, Pengprov Perpani Banten Gelar Pelatihan Wasit Panahan

Modal Berprestasi di Level Nasional, Pengprov Perpani Banten Gelar Pelatihan Wasit Panahan

Sebanyak 24 peserta ambil bagian dalam Pelatihan Wasit Panahan Provinsi Banten yang digelar di Aula PKP-RI, Kota Serang, 23-24 Maret 2024. -Perpani Banten for Tangerangekspres.id-

TANGERANGEKSPRES.ID -- Pengprov Perpani Banten terus berupaya meningkatkan SDM panahan di Provinsi Banten. Salah satunya dengan menggelar Pelatihan Wasit Panahan tingkat Provinsi Banten, 23-24 Maret 2024 yang dilangsungkan di Wisma PKP-RI Kota Serang.

Pelatihan tersebut diikuti 24 peserta dari 6 pengcab anggota Pengprov Perpani Provinsi Banten. Hanya dua pengcab Perpani yang absen mengirimkan wasit untuk mengikuti pelatihan.

Peserta diberikan pelatihan dengan nara sumber wasit yang punya pengalaman nasional dan internasional dari PP Perpani yakni Denny Decko, Arie Fachmi Nugraha dan Ananta Dwi Wandatama. 

"Ini menjadi agenda utama kita selain menggelar kejuaraan dan pelatihan pelatih yang sudah kita lakukan. Pelatihan wasit menjadi bagian yang tak terpisahkan dari dua program kita lainnya untuk bisa meraih prestasi di panahan nasional," jelas Rita Prameswari Ketua Pengprov Perpani Banten.

Banyaknya wasit akan menjadi indikator yang positif buat perkembangan prestasi panahan. Rita mencontohkan prestasi meroket yang diraih atlet-atlet Jawa Tengah ditandai dengan banyaknya wasit yang dimiliki provinsi yang dipimpin Ganjar Pranowo tersebut.

"Ada ratusan wasit yang mereka miliki, sehingga mereka mendapat kemudahan dalam menggelar kejuaraan yang pastinya meningkatkan kompetensi atlet panahan disana. Nah, kita berusaha untuk bisa mengikuti jejak mereka, saat ini wasit Banten tidak sampai dari puluhan wasit," terang Rita.

 

Sementara itu Tubagus Sofat, Ketua Pelaksana Pelatihan Wasit Panahan Provinsi Banten menyatakan pelaksanaan pelatihan ini sangat erat relevansinya dengan peningkatan prestasi atlet. Dengan memiliki wasit yang berkualitas dan mengerti dengan baik aturan pertandingan maka akan membuat kualitas kompetisi yang digelar di Banten juga akan meningkat.

"Ujungnya prestasi atlet saya yakini akan juga terangkat, karena dari pelatihan wasit ini kamu juga harapkan wasit-wasit ini saat kembali ke daerah masing-masing membagikan ilmu ini kepada pelatih dan atlet agar prestasi daerahnya juga ikut meningkat," tegas pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Pengprov Perpani Banten. (*) 

Sumber: