Banjir di Pandeglang Meluas, 13 Desa Terendam Banjir

Banjir di Pandeglang Meluas, 13 Desa Terendam Banjir

Kondisi banjir yang meluas Kabupaten Pandeglang hingga 13 desa.-A Fadilah-

TANGERANGEKSPRES.ID - Hujan deras yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Pandeglang menyebabkan banjir meluas hingga ke 13 desa di 3 Kecamatan, yang ada di Kabupaten Pandeglang.

Koordinator Tim Pusdalops BPBD-PK Pandeglang Adi Barata mengatakan, saat ini banjir telah merendam 8 desa di Kecamatan Patia, 3 desa di Kecamatan Sukaresmi dan 2 desa di Kecamatan Pagelaran.

BPBD-PK Pandeglang telah mencatat bahwa banjir yang meluas di 13 desa ini diantaranya  di Desa Idaman, Surianeun, Ciawi, Patia, Babakan Keusik, Cimoyan, Simpang Tiga dan Pasir Gadung, Kecamatan Patia.

Di Kecamatan Pangeran 3 Desa yakni Desa Sukaresmi, Kubangkampil dan Pasir Huni. Kemudian, banjir juga merendam Desa Sukarame dan Pagelaran, Kecamatan Pagelaran.

"Data tersebut kita kumpulkan dari tim yang kita sebar," kata Adi Barata, Kepada wartawan, Senin (5/2/2024).

Dikatakan Adi, saat ini Tim Reaksi Cepat BPBD-PK Pandeglang telah diterjunkan untuk melakukan monitoring, penanganan dan pendataan di 13 desa yang dilanda banjir tersebut.

"Kita sudah menerjunkan tim dan 2 perahu karet untuk melakukan penanganan, monitoring dan pendataan di 13 lokasi tersebut," ungkapnya.

Menurut Adi, berdasarkan hasil monitoring,  banjir yang melanda 13 desa di Kecamatan Patia ini disebabkan oleh hujan deras yang melanda wilayah tersebut, sehingga menyebabkan debit air Sungai Ciliman meluap ke pemukiman warga.

"Hujan deras yang terus mengguyur wilayah ini menyebabkan debit air Sungai Ciliman meluap hingga masuk ke pemukiman warga, dengan ketinggian 50 sampai dengan 70 centimeter," ujarnya.

Lebih lanjut Adi menyampaikan, saat ini banjir masih melanda wilayah tersebut, tidak menutup kemungkinan banjir akan meluas mengingat hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih berpotensi terjadi di wilayah tersebut.

"Kondisi mutakhir masih berlangsung, kami mengimbau supaya warga tetap waspada mengingat hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih berpotensi terjadi," imbaunya. (*)

Sumber: