Warga Keluhkan Tumpukan Sampah di Kali Sipon, Lebih dari 2 Minggu Tak Kunjung di Angkut

Warga Keluhkan Tumpukan Sampah di Kali Sipon, Lebih dari 2 Minggu Tak Kunjung di Angkut

Tumpukan Sampah di Kali Sipon dikeluh warga, timbulkan penyakit dan bau tak sedap.-Foto.Dok. tangerangekspres.id-

TANGERANGEKSPRES.ID, - Sejumlah warga mengeluhkan sampah yang menumpuk di  aliran kali Sipon, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Banten. 

Ibu Raehan (43), warga setempat mengatakan bahwa petugas kebersihan tidak mengangkut seluruh sampah yang telah 2 Minggu lebih sudah menumpuk ini. Mereka pun khawatir tumpukan sampah itu mengakibatkan banjir lantaran menyumbat aliran kali.

"Udah lama itu pak, sekarang musim hujan kan, petugas yang biasa mengangkut sudah beberapa 2 minggu ini tidak ada," kata Raehan kepada Tangerangekspres.id, Kamis (18/1/2023). 

Ia menuturkan, tumpukan sampah itu bahkan sampai menutupi aliran air di kali sipon tersebut. Apalagi pada akhir pekan, sampah akan terlihat semakin banyak, kata dia sampah itu disumbang dari aktivitas pasar ilegal di wilayah sipon.

Pantauan di lokasi tumpukan sampah itu mencapai lebih dari 50 meter. Material kayu dan sampah aktivitas pasar mendominasi tumpukan-tumpukan sampah di sepanjang aliran sungai itu.

Kekhawatiran warga cukup beralasan, sebab tumpukan sampah ini bisa menyebabkan pencemaran lingkungan, sumber penyakit dan membuat warga tidak nyaman dan menimbulkan bencana banjir di wilayah sekitar. 

"Selain penyakit ke warga, ini juga nantinya bisa menimbulkan banjir. Karena sampah-sampah menyumbat aliran kali, apa lagi sekarang masih musim hujan. Potensi itu sangat besar terjadi," seloroh salah seorang warga lain yang enggan menyebutkan namanya.(*)

Sumber: