Penataan Kawasan Bundaraan Maruga Ciputat Dimulai Tahun Ini

Penataan Kawasan Bundaraan Maruga Ciputat Dimulai Tahun Ini

Pengendara sepeda motor melintas di dekat Bundaran Maruga Ciputat-Tri Budi/TangerangEkspres.id-

TANGERANGEKSPRES.ID - Penataan kawasan bundaran Maruga Ciputat akan dimulai tahun ini. Pembangunan kawasan yang berada tak jauh dari kantor Wali Kota Tangsel tersebut akan dilaksanakan selama dua tahun, yakni 2024 dan 2025.

Diketahui, Pemkot Tangsel telah mengadakan sayembara penataan kawasan bundaran Maruga dan sudah ada pemenangnya. Setelah dilakukan penjurian, juara sayembara diraih oleh SDBM-0064 dengan judul karya Blandongan Kota.

Kepala Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Kontruksi (DSDABMBK) Kota Tangsel Robby Cahyadi mengatakan, pembangunan penataan kawasan Bundaran Maruga akan dilaksanakan dalam dua tahun.

"Tahun ini kita siapkan anggaran Rp 25 miliar. Tahun depan belum tahu jumlahnya berapa," ujarnya kepada TANGERANGEKSPRES.ID, Rabu (3/1/2024).

Robby menambahkan, berdasarkan pemenang sayembara desain kawasan bundaran Maruga terdapat jembatan penyebrangan orang. Baik dari arah timur ke barat dan dari utara ke selatan.

"Kita akan bangunnya sesuai sayembara tapi, ada yang dimodifikasi karena ada yang tidak bisa diaplikasinya," tambahnya.

"Kalau didalam hasil sayembara patung anggrek di tengah bisa naik orang tapi, nanti pada praktiknya tidak bisa, kita sesuaikan. Tidak mungkin ditengah ada bangunan, orang nyebrang pada naik, bahaya itu," tutupnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Tangsel Pilar Saga Ichsan pastikan penataan kawasan bundaran Maruga, Ciputat mulai dilaksanakan tahun ini.

"Kawasan Bundaran Maruga akan dibangun berdasarkan desain pemenang sayembara yang telah dilaksanakan. Namun, nantinya bisa saja dibangun dengan hasil modifikasi desain karena disesuaikan dengan kondisi," ujarnya.

Ditempat terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangsel Wahyunoto Lukman berharap, kedepan bangunan kawasan Bunderan Maruga dapat menjadi ikon kebanggaan warga Kota Tangsel

"Bundaran Maruga akan kita jadikan landmark, jadi tempat nongkrong anak-anak muda dan sebagainya. Bukan Bunderan Maruga saja, hasil karya lainnya akan kami terapkan, aplikasikan," singkatnya. (*)

 

 

 

Sumber: