Dinas Pendidikan Kota Tangerang Akan Kaji Ulang Program Islah

Minggu 29-09-2024,15:21 WIB
Reporter : Abdul Aziz
Editor : Endang Sahroni

TANGERANGRKSPRES.CO.ID - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tangerang akan mengkaji ulang penetapan program Islah (Infaq, Shodaqoh dari sekolah). Hal itu tertuang dalam surat Pemberitahuan No B/5527/400/3/5/IX/2024/ tentang penetapan Program Islah.

 

Program kegiatan Islah yang diinisiasi Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tangerang tersebut akan dikaji ulang lantaran menuai polemik. Dalam surat pemberitahuan tersebut, Dinas Pendidikan meminta seluruh kepala sekolah SD dan SMP baik negeri maupun swasta di Kota Tangerang untuk menghentikan kegiatan program Islah sampai dengan informasi selanjutnya.

 

Kepala Dindik Kota Tangerang, Jamaluddin mengatakan, surat pemberitahuan tersebut sudah disebar ke seluruh SD dan SMP negeri maupun swasta di Kota Tangerang untuk ditindaklanjuti sebagaimana mestinya.

 

“Soal program baru, pastinya akan menuai pro dan kontra, itu hal yang biasa. Kita berupaya menerima dan menyambut positif semua saran dan masukan,” kata Jamaluddin kepada wartawan.

 

Jamal menegaskan, program kegiatan Islah tersebut diinisiasi oleh MUI Kota Tangerang guna menggelorakan semangat bersedekah bagi para siswa. Namun adanya polemik, pihaknya akan melakukan evaluasi bersama lembaga terkait yakni, MUI dan Baznas Kota Tangerang.

 

“Kita sama-sama akan mengevaluasinya dan surat pemberitahuan tersebut sudah disebarluaskan,” pungkasnya.

 

Ketua MUI Kota Tangerang, KH Ahmad Baijuri mengatakan, program Islah yang sudah disosialisasikan di seluruh sekolah di Kota Tangerang merupakan bagian dari dakwah guna membangun semangat bersedekah di lingkungan sekolah. Pasalnya, program Islah ini juga bertujuan untuk melatih membiasakan kepada para siswa menanamkan sikap pembiasaan bersedekah.

 

Dia menjelaskan, di era serba digitalisasi ini, MUI memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut. Pada portal MUI Kota Tangerang terdapat beberapa fitur dakwah MUI yang mengajak masyarakat khususnya menggelorakan sedekah di Kota Tangerang. Untuk di lingkungan sekolah pada portal MUI terdapat fitur program Islah (Infaq, Sedekah dari sekolah), kemudian untuk lingkungan aparatur sipil negara (ASN) terdapat fitur IHSAN (Infaq harian dan Shodaqoh Aparatur Negara) dan Ifadah (Infaq dan Shodaqoh dari unsur non pemerintah) serta fitur dakwah lainnya.

Kategori :