Festival Literasi Jadi Cara Pemkot Tangsel Tingkatkan Minat Baca

Senin 09-09-2024,14:23 WIB
Reporter : Tri Budi
Editor : Endang Sahroni

TANGERANGEKSPRES.ID - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Tangsel menggelar fertival literasi 2024. Kegiatan yang diselenggarakan di Gedung Perpustakaan dan Kearsipan tersebut dibuka oleh Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie, Senin (9/9/2024).

 

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Tangsek Toto Sudarto mengatakan, dalam festival literasi pihaknya mengadakan berbagai kegiatan. "Acaranya mulai dari pameran buku, baca puisi, baca nyaring, demo masak, menggambar dan mewarnai," ujarnya, Senin (8/9/2024).

 

Toto menambahkan, festival literasi diikuti peserta pelajar dari tingkat TK hingga mahasiswa. "Peserta hari ini dari ti gkat TK, SD, SMP, SMA dan mahasiswa serta khalayak umum," tambahnya.

 

Sementara itu, Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan, perpustakaan merupakan wadah penyediaan ilmu dan informasi guna mencerdaskan kehidupan bangsa dan membangun kepribadian melalui layanan perpustakaan yang dapat diakses dengan mudah oleh pemustakaan.

 

"Serta sebagai salah satu sarana guna menumbuh kembangkan budaya baca diseluruh lapisan masyarakat," ujarnya.

 

Pria yang biasa disapa Pak Ben ini menambahkan, dalam rangka hari kunjung perpustakaan yang jatuh setiap 14 September, pihaknya mengadakan kegiatan literatif festival untuk lebih memperkenalkan dan mendekatkan perpustakaan kepada masyarakat dengan mengadakan kegiatan-kegiatan.

 

Seperti lomba mewarnai, lomba puisi, lomba bertutur , lomba membaca nyaring, pameran buku murah, bedah buku, dan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan literasi. 

 

"Kegiatan ini sejalan dengan program unggulan perpustakaan nasional RI yaitu transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial dan selanjutnya perpustakaan sebagai support literasi dan edukasi yang memegang peranan penting dalam membantu menumbuhkan kreatifitas dan inovasi serta meningkatkan ketrampilan," tambahnya.

Kategori :