Hari Ini Cuaca di Banten Sebagian Hujan Lebat

Senin 05-08-2024,09:02 WIB
Reporter : Tri Budi
Editor : Endang Sahroni

TANGERANGEKSPRES.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan puncak musim kemarau di sebagian besar wilayah Indonesia termasuk wilayah Banten terjadi sejak Juli hingga Agustus 2024. 

Namun, beberapa hari ini cuaca di wilayah Banten dan khususnya Kota Tangsel kerap diguyur hujan dengan yang cukup deras. Bahkan hujan kerap disertai angin kencang.

Untuk hari ini, Senin (5/8/2024) cuaca sebagian di wilayah Provinsi Banten cerah berawan, hingga hujan sedang hingga lebat disertai kilat atau petir plus angin kencang.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah II Hartanto mengatakan, hari ini pihaknya memprakirakan cuaca di wilayah Banten untuk pagi hari cerah berawan - berawan, hujan ringan di Merak, Bojonegara, Cilegon, Anyer, Serang, Tanara dan Maja.

"Sedangkan untuk siang hari berawan, hujan sedang di Cibeber, Bayah, Padarincang, Jawilan, Kopo, Pandeglang, Mandalawangi, hujan ringan di Carita, Labuan, Serang, Ciruas, Kragilan, Balaraja, Tigaraksa, Tangerang, Serpong, Ciputat, Rangkasbitung dan Gunung Kencana," ujarnya kepada TANGERANGEKSPRES.ID, Senin (5/8/2024).

Hartanto menambahkan, untuk malam hari cuaca diperkirakan berawan dan pada dini hari juga berawan. Sedangkan suhu udara berkisar dari 23 hingga 33 derajat celcius. Kelembaban udara 60 hingga 65 persen.

"Kalau angin ari arah Tenggara hingga Barat Laut dengan kecepatan  5 hingga 3 km per jam," tambahnya.

Untuk itu BMKG memberikan peringatan dini agar masyarakat waspada lantaran potensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang di wilayah Kabupateb Serang bagian Selatan, Kabupaten Pandeglang bagian Utara dan Kabupaten Lebak bagian Timur.

"Waspada potensi tinggi gelombang 1.25 meter hingga 2.50 meter (sedang) di Selat Sunda bagian Selatan, Perairan Selatan Banten dan Samudra Hindia Selatan Banten," jelasnya.

Sementara itu, untuk wilayan Kota Tangsel cuaca hari ini pagi hari diperkirakan cerah berawan - berawan, siang hari berawan - hujan ringan, malam hari berawan, dini hari berawan. 

Suhu udara  23 hingga 33 derajat celcius, kelembapan udara  60 hingga 90 persen.

Angin dari arah Tenggara hingga Barat Laut dengan kecepatan  5 hingga 20  km per jam. "Sedangkan peringatan dini tidak ada," tuturnya. 

Hartanto mengaku, puncak musim kemarau di sebagian besar wilayah Indonesia termasuk wilayah Banten terjadi sejak Juli hingga Agustus 2024. 

"Angin didominasi dari arah Timur hingga Tenggara membawa massa udara kering dan dingin dari daratan Australia ke Indonesia sehingga kurang mendukung proses pertumbuhan awan," tutupnya. (*)

Kategori :