Desa Tanah Merah Sentral Pembuatan Kembang Tahu

Rabu 22-05-2024,16:27 WIB
Reporter : Zakky Adnan
Editor : Sutanto

TANGERANGEKSPRES.ID - Belum banyak orang yang mengetahui Desa Tanah Merah adalah sentral pembuatan kembang tahu di Kecamatan Sepatan Timur, Kabupaten Tangerang, Banten.

 

Bahkan, setiap harinya makanan berbentuk mirip kulit lumpia dengan bahan baku kedelai ini, rutin diorder sejumlah restoran di wilayah Jakarta.

 

Kepala Desa Tanah Merah Rasyidi Syahputra menuturkan, pertama kali sentral pembuatan kembang tahu di desanya beralamat di Kampung Tanah Merah RW 01.

 

"Dari 1 rumah produksi kembang tahu di alamat itu, akhirnya sejumlah pekerja buka rumah produksi sendiri yang tersebar di beberapa kampung sampai sekarang," tuturnya, Rabu (22/5/2024).

 

Sebab demikian, menurut Rasyidi Syahputra, saat ini sejumlah rumah produksi kembang tahu, juga berada di Kampung Rawa Indah sampai Kampung Pisangan Pulo.

 

"Kalau di Kampung Rawa Indah, ada di RT 04 RW 03 dan RT 05 RW 03. Terus, di Kampung Pisangan Pulo di RT 04 RW 01. Sedangkan, Kampung Tanah Merah di RT 01 RW 01 dan RT 04 RW 01," jelasnya.

 

Menurutnya lagi, kembang tahu adalah salah satu makanan sehat favorit orang Tiong Hoa, sebab demikian kembang tahu asal desanya juga banyak diorder oleh restoran di Jakarta.

 

Kembang tahu diproduksi dari kacang kedelai dan air yang dimasak tanpa bahan kimia. Kemudian, inilah sebab kembang tahu merupakan makanan alami dari sari kedelai.

Kategori :

Terpopuler