Masuk Periode Pancaroba, BMKG Prakirakan di Banten Terjadi Petir atau Kilat Sampai Sabtu

Kamis 04-04-2024,15:16 WIB
Reporter : Tri Budi Sulaksono
Editor : Endang Sahroni

TANGERANGEKSPRES.ID - Beberapa hari belakangan cuaca di wiliayah Banten dan khususnya di Kota Tangsel tidak menentu. Kadang cuaca panas terik, kadang hujan terus menerus dan tak jarang disertai angin kencang, petir atau kilat dan geluduk.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah II Ciputat Hartanto mengatakan, peristiwa atau cuaca tersebut terjadi biasanya memasuki periode pancaroba kondisinya cenderung seperti hujan, panas yang disertai petir dan geluduk.

"Panas terik di pagi sampai siang hari dengan potensi hujan sedang-lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang dengan durasi singkat dan tidak merata pada sore sampai malam hari," ujarnya kepada TANGERANGEKSPRES.ID, Kamis (4/4/2024).

Hartanto menambahkan, pancaroba adalah masa peralihan antara musim hujan dan kemarau. Selama periode tersebut cuaca dapat berubah dengan cepat, menciptakan tantangan dan potensi bencana. 

Beberapa aspek pancaroba yang perlu dipahami meliputi perubahan suhu, curah hujan variabel dan angin kencang. Suhu udara dapat berfluktuasi secara signifikan selama pancaroba. 

"Hujan dapat turun dalam jumlah yang bervariasi, kadang-kadang dalam intensitas yang tinggi. Angin kencang dan badai singkat tidak jarang terjadi selama pancaroba," tambahnya.

Menurutnya, kondisi tersebut diprakirakan masih akan terjadi sampai beberapa hari kedepan. "Diperkirakan sampai Sabtu besok cuaca seperti ini terjadi," jelasnya.

Sementara itu, untuk hari ini, Kamis (4/4/2024) prakiraan cuaca wilayah Provinsi Banten didominasi cerah berawan hingga hujan ringan. Pagi hari cuaca cerah berawan hingga berawan, siang hari berawan hingga hujan ringan. 

Hujan sedang di Lebakgedong, Cibeber, Gunung Kencana, Sajira, Rangkasbitung, Munjul, Cimanuk, Panimbang, Padarincang, Baros, Pasarkemis, Jambe, Cisauk, Serpong dan  Ciputat.

Untuk malam hari cuaca berawan, hujan ringan di Rangkasbitung, Cimarga, Bojongmanik, Gunung Kencana, Lebakgedong, Cibeber, Cikeusik, Cimanuk, Munjul, Anyer, Serang, Tigaraksa, Jambe, Cisauk, Serpong dan Ciputat.

"Sedangkan untuk dini hari cuaca berawan, hujan Ringan di Pulomerak, Cikeusik," tambahnya.

Untuk suhu udara 23 sampai 33 derajat celcius, kelembapan udara  60 sampai 95 persen. Angin dari arah Utara hingga Tenggara dengan kecepatan 05 sampai 35 km per jam. 

Peringatan dini waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang di sebagian besar wilayah Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang bagian Selatan, Kabupaten Tangerang bagian Tengah dan Selatan, Kota Tangsel.

"Waspada potensi tinggi gelombang 1.25 sampai 2.5 meter (sedang) di Selat Sunda bagian Selatan, Perairan Selatan Banten dan Samudra Hindia Selatan Banten," tutupnya. (*)

Kategori :