Tahun Ini Pemkot Tangsel Targetkan Pasang 3.000 PJU Program Tangsel Terang

Tahun Ini Pemkot Tangsel Targetkan Pasang 3.000 PJU Program Tangsel Terang

: Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie didampingi Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangsel Ayep Jajat Sudrajat saat monitoring pembangunan Program Tangsel Terang di wilayah Kecamatan Serpong. Tri Budi/Tangerang Ekspres--

TANGERANGEKSPRES.ID - Pemkot Tangsel tahun ini targetkan akan memasang sekitar 3.000 penerangan jalan umum (PJU) di jalan protokol, jalan lintasan utama, jalan perbatasan dan jalan lingkungan.

Pemasangan PJU tersebut merupakan program Tangsel Terang yang telah dimulai sejak 2022. PJU untuk program Tangsel Terang dipasang dengan tinggi 4,5 sampai 5 meter dan lokasinya tersebar di 7 kecamatan. Pada 2022 telah dipasang 600 titik PJU dan pada 2023 ada 6.500 titik.

Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan, pihaknya tahun ini menargetkan akan memasan 3.000 titik PJU dalam mendukung program Tangsel terang.

"Tahun ini dilaksanakan di 3.000 titik, sehingga total yang telah terbangun adalah dari tahun 2022 adalah 10.100 titik PJU," ujarnya saat monitoring pembangunan Program Tangsel Terang di wilayah Kecamatan Serpong, Rabu (18/9/2024).

Pria yang biasa disapa Pak Ben ini menambahkan, pemasangan PJU program Tangsel Terang dipasang berdasarkan usulan kelurahan. Bagi masyarakat yang ingin lingkungan dipasang PJU dipersilahkan mengajukan ke RT/RW dan nantinya akan diteruskan ke kelurahan dan dinas terkait.

"Satu tiang PJU ini tidak mahal, hanya sekitar Rp2,6 juta. Tiangnya tidak tinggi jadi, kalau ada kerusakan gampang diperbaiki," jelasnya.

Menurutnya, Dinas Perhubungan sebagai liding sektornya juga akan melakukan perawatan. Bila masyarakat menemukan lampu yang mati bisa lapor ke Dinas Pehubungan.

"Lampunya kita pakai jenis LED, jadi lebih hemat listrik," ungkapnya.

Pak Ben mengaku, Program Tangsel Terang dilaksanakan salah satunya untuk menekan angka kriminalitas dan membuat gang di sekitar perumahan atau perkampungan menjadi terang. 

"Dengan adanya penerangan ini tentunya diharapkan dapat dimanfaatkan untuk kegiatan yang lebih luas oleh masyarakat," tuturnya.

Program Tangsel Terang adalah program untuk menuntaskan ketersediaan dan keberadaan lampu PJU bagi warga pengguna jalan raya di malam hari. 

"Kami berusaha terus memberikan yang terbaik agar perbaikan dan penambahan PJU secara cepat dilakukan. Tujuannya tentu agar program ini dirasakan langsung oleh seluruh warga," tutupnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangsel Ayep Jajat Sudrajat mengatakan, pemasangan PJU program Tangsel Terang sudah dimulai sejak 2022.

"Tahun ini kita akan pasang 3.000 titik PJU dan yang sedang proses ada di 5 Kecamatan yakni, Serpong, Serpong Utara, Pondok Aren, Ciputat dan Ciputat Timur. Kalau Kecamatan Pamulang dan Setu belum," singkatnya. (*)

Sumber: