Nelayan Desa Ketapang Gelar Lomba Perahu Hias

Nelayan Desa Ketapang Gelar Lomba Perahu Hias

Nelayan gelar lomba perahu hias di Kali Pelelangan, Kampung Pelelangan, Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Banten. -HNSI Kecamatan Mauk-

TANGERANGEKSPRES.ID - Banyak cara bagi masyarakat untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 79. Salah satunya lomba perahu hias yang digelar nelayan Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Banten.

 

Parade yang digelar di Kali Pelelangan, Kampung, Pelelangan itu, mendapat antusias para nelayan. 156 perahu milik nelayan yang biasa digunakan untuk mencari ikan, dihias penuh dengan nuansa merah putih.

 

Selain dihiasi dengan penuh nuansa merah putih, terdapat pernak pernik lain yang mempercantik tampilan perahu. Bahkan adapula yang dilengkapi dengan replika burung garuda Pancasila.

 

Panitia Lomba Perahu Hias Desa Ketapang Alfian yang akrab disapa Rian mengatakan, 4 juri yang terlibat dalam penilaian meliputi, dari pihak Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kecamatan Mauk, Nippon Paint (sponsor), TNI AL dan panitia lomba.

 

"Indikator penilaian lomba perahu hias antara lain, ketarampilan, aksesoris, motif maupun inovasi," jelasnya, kepada Tangerang Ekspres, Rabu (14/8/2024).

 

Rian mengatakan, lomba perahu hias sudah terlaksana 3 kali setiap tahun. Ia menginginkan lomba perahu hias bisa dilakukan setiap bulan Agustus. Selain untuk menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI, ini juga sebagai wujud syukur dan pengharapan keberkahan.

 

"Harapan kami, tahun depan diselenggarakan lagi dengan lebih meriah sambil melaksanakan acara sedekah laut," ucapnya.

 

Sumber: