Pemberian Tugas Sekolah untuk Melatih Tanggung Jawab Siswa

Pemberian Tugas Sekolah untuk Melatih Tanggung Jawab Siswa

Siswa SDN 3 Tigaraksa memberikan tugas kepada siswa untuk melatih tanggung jawab-Randy Yastiawan/Tangerang Ekspres-

TANGERANGEKSPRES.CO.ID - Tugas sekolah yang diberikan kepada siswa bertujuan untuk melatih tanggungjawab, maka itu para siswa SDN 3 Tigaraksa selalu diberikan tugas sekolah sebagai latihan tanggungjawab.

Cara tersebut, bisa membuktikan bahwa siswa tersebut mempunyai tanggungjawab dan mempunyai karakter yang bisa diberikan kepercayaan sejak dini. Jika sejak awal diberikan tanggungjawab, maka siswa akan terbiasa mengerjakan tugas tanpa harus di perintahkan.

Kepala Sekolah SDN 3 Tigaraksa Nurhayati mengatakan, tugas yang diberikan bukan menjadi beban siswa, melainkan untuk mengajarkan mereka tanggung jawab atas tugas yang diberikan.

"Jadi bukan kita membebankan, tetapi kita mengajarkan mereka sejak dini bentuk tanggungjawab. Kalau mereka berhasil mengerjakan, artinya mereka bisa menjalankan apa yang diperintahkan. Dan rasa tanggungjawab menjadi pondasi yang dasar bagi siswa,"ujarnya kepada Tangerangekspres.co.id, Selasa (2/7).

Nurhayati menambahkan,siswa juga dilatih bagaimana bertanggung jawab, karena dengan latihan yang diberikan akan menjadi pengingat mereka. Dan sebenarnya lebih mudah melatih mereka sejak dini dibandingkan setelah mereka dewasa.

"Biasanya, orangtua akan kita kasih pemahaman. Jadi, orangtua juga bisa membantu dalam pembentukan karakter siswa. Kalau bisa, orangtua juga jangan cuek agar anaknya bisa komitmen,"paparnya.

Ia menjelaskan, sejauh ini para siswa tetap menjalankan tugas dan mereka tidak pernah tidak mengerjakan tugas. Bahkan, saat liburan sekolah mereka tetap mengerjakan tugas

"Bentuk keseriusan siswa dalam menjalankan tanggunjawab pada saat mereka libur sekolah mereka menjalankan tugas sekolah dan saat masuk mereka sudah selesai semua. Tidak ada siswa yang malas,"tutupnya.(*)

Sumber: