Sungai Cisadane Barat Dinormalisasi, Puluhan Bangli Dibongkar

 Sungai Cisadane Barat Dinormalisasi, Puluhan Bangli Dibongkar

Ekskavator amfibi sedang mengeruk Sungai Cisadane barat, di Jalan Raya Cadas Kukun, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Banten, Selasa (2/7/2024). -Zakky Adnan/Tangerang Ekspres-


TANGERANGEKSPRES.ID - Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSC2) menertibkan bangunan liar (bangli), di bantaran Sungai Cisadane barat. Tujuannya, sungai tersebut untuk dinormalisasi.

Camat Pasar Kemis Nurhanudin menjelaskan, sehubungan sedang pelaksanaan pengerukan atau normalisasi irigasi Sungai Cisadane barat, maka bangunan liar di Jalan Raya Cadas Kukun, Kelurahan Sindang Sari dan Desa Pangadegan, ditertibkan.

"Pelaksananya dari BBWSC2 berkolaborasi dengan Komando Daerah Militer (Kodam)  Jaya/Jayakarta dan Pemkab Tangerang," jelasnya, Selasa (2/7/2024).

Tujuan normalisasi, disampaikan Nurhanudin, dalam rangka untuk mengantisipasi banjir dan meluapnya air irigasi Sungai Cisadane barat, di Desa Pangadegan dan Kelurahan Sindang Sari, Kecamatan Pasar Kemis.

"Kalau banyak bangunan liar, penghuninya juga bisa membuang sampah ke aliran sungai, maka ditertibkan," ucapnya.

Nurhanudin menuturkan, telah berkoordinasi dan meminta agar dibuatkan pagar pembatas jalan, di Sungai Cisadane barat, guna mencegah bangunan liar berdiri kembali di bantaran sungai.

"Waktu itu, pihak BBWSC2 akan berkoordinasi ulang kalau akan ada pemasangan pagar pembatas jalan di sungai," tuturnya, seraya mengusulkan pemasangan waste trap atau penjaring sampah yang biasa dipasang di sungai. (*)

Sumber: