Sungai Meluap, Ratusan Rumah di Lebak Terendam Banjir

Sungai Meluap, Ratusan Rumah di Lebak Terendam Banjir

TANGERANGEKSPRES.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak mencatat ada sekitar 216 unit rumah di Kecamatan Leuwidamar terendam banjir akibat Sungai Cisimeut meluap setelah hujan lebat disertai angin kencang dan petir terjadi, Sabtu (27/4) malam.

 

"Alhamdulilah banjir itu sudah kembali surut sejak subuh tadi dan tidak ada korban jiwa," kata Febby Rizki Pratama, kepada pelaksana BPBD Lebak, Sabtu (27/4/2024).

 

Menurut Febby, Banjir yang merendam 216 rumah tersebut tersebar di beberapa desa dengan ketinggian air rata-rata 20 - 35 centimeter orang dewasa.

 

"Kami berharap bantuan beras untuk masyarakat yang terkena banjir sebanyak 216 kepala keluarga bisa terpenuhi ketersediaan pangan," ujarnya.

 

Febby mengimbau, agar masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana agar meningkatkan kewaspadaan sehubungan dengan hujan lebat disertai angin kencang dan petir di daerah ini masih berpeluang.

 

"Sudah beberapa hari ini setiap menjelang sore, hujan lebat turun yang disertai angin dan petir," paparnya.

 

Potensi bencana alam itu, kata dia, diantaranya banjir tanah bergerak, longsor, puting beliung, dan gelombang tinggi. Oleh karena itu, peringatan kewaspadaan untuk mengurangi risiko kebencanaan harus dikeluarkan sehingga tidak menimbulkan korban jiwa maupun kerusakan material lebih besar. Bahkan, peluang cuaca buruk tersebut di Kabupaten Lebak pada sore hingga malam hari dengan intensitas ringan, sedang hingga lebat.

 

Sumber: