Libur Lebaran 2024, Kenaikan Trafik Tertinggi di Kalimantan Capai 40%
Pemeliharaan tower BTS XL Axiata. Ditopang ribuan BTS Sinyal XL Axiata mampu menjangkau hingga pulau terpencil di Kepulauan Riau.--
Gede menambahkan, pola penggunaan berbagai jenis layanan data oleh pelanggan XL Axiata selama libur Lebaran ini bisa menggambarkan semakin maksimalnya masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan sarana digital untuk berbagai keperluan sehari-hari. Selama periode Ramadan dan Lebaran, trafik layanan didominasi oleh streaming yang mencapai 59%, disusul oleh web browsing sebesar 18% dan social media 15%.
Pada layanan streaming ini, sejumlah aplikasi mengalami kenaikan trafik pemakaian yang signifikan, seperti layanan berbasis gim mengalami kenaikan trafik rata-rata hingga 135%, YouTube naik 17%, TikTok 14%, Netflix naik 42%, dan Spotify naik 23%.
Untuk layanan Instant Messenger, trafik pemakaian layanan WhatsApp meningkat 59%. Sementara itu, pada layanan Social Network, trafik X meningkat 25% dan Meta (Facebook) 15%.
Sementara itu web browsing naik 20% dan belanja online melalui e-commerce meningkat hingga 650%. Untuk layanan peta atau penunjuk rute jalan seperti Google Map dan Waze cukup banyak diakses masyarakat yang melakukan perjalanan, yaitu naik sekitar 154% dibanding hari normal.
Dilihat dari wilayah kenaikan trafik layanan secara nasional selama Ramadan dan Lebaran dibandingkan trafik hari biasa sebelumnya, berturut-turut terjadi di :
1. Provinsi Jawa Tengah dengan kenaikan sebesar 32%
2. Provinsi Nusa Tenggara Barat, naik 21%
3. Provinsi Lampung, naik 19%
4. Provinsi Sumatera Barat, naik 17%
5. Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, naik 16%
6. Provinsi Jawa Timur, naik 15%
7. Provinsi Sumatera Utara, naik 14%
8. Provinsi Sumatera Selatan, naik 13%
9. Provinsi Jawa Barat, naik 13%
10. Provinsi Kalimantan Selatan, naik 7%
Sumber: