Libur Lebaran 2024, Kenaikan Trafik Tertinggi di Kalimantan Capai 40%

Libur Lebaran 2024, Kenaikan Trafik Tertinggi di Kalimantan Capai 40%

Pemeliharaan tower BTS XL Axiata. Ditopang ribuan BTS Sinyal XL Axiata mampu menjangkau hingga pulau terpencil di Kepulauan Riau.--

Gede menambahkan, pola penggunaan berbagai jenis layanan data oleh pelanggan XL Axiata selama libur Lebaran ini bisa menggambarkan semakin maksimalnya masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan sarana digital untuk berbagai keperluan sehari-hari. Selama periode Ramadan dan Lebaran, trafik layanan didominasi oleh streaming yang mencapai 59%, disusul oleh web browsing sebesar 18% dan social media 15%.

Pada layanan streaming ini, sejumlah aplikasi mengalami kenaikan trafik pemakaian yang signifikan, seperti layanan berbasis gim mengalami kenaikan trafik rata-rata hingga 135%, YouTube naik 17%, TikTok 14%, Netflix naik 42%, dan Spotify naik 23%.

Untuk layanan Instant Messenger, trafik pemakaian layanan WhatsApp meningkat 59%. Sementara itu, pada layanan Social Network, trafik X meningkat 25% dan Meta (Facebook) 15%. 

Sementara itu web browsing naik 20% dan belanja online melalui e-commerce meningkat hingga 650%. Untuk layanan peta atau penunjuk rute jalan seperti Google Map dan Waze cukup banyak diakses masyarakat yang melakukan perjalanan, yaitu naik sekitar 154% dibanding hari normal.

Dilihat dari wilayah kenaikan trafik layanan secara nasional selama Ramadan dan Lebaran dibandingkan trafik hari biasa sebelumnya, berturut-turut terjadi di :

1. Provinsi Jawa Tengah dengan kenaikan sebesar 32%

2. Provinsi Nusa Tenggara Barat, naik 21%

3. Provinsi Lampung, naik 19%

4. Provinsi Sumatera Barat, naik 17%

5. Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, naik 16%

6. Provinsi Jawa Timur, naik 15%

7. Provinsi Sumatera Utara, naik 14%

8. Provinsi Sumatera Selatan, naik 13%

9. Provinsi Jawa Barat, naik 13%

10. Provinsi Kalimantan Selatan, naik 7%

Sumber: