Takbiran di Rumah Abah Haji Enju Rajeg Dibanjiri Jamaah

Takbiran di Rumah Abah Haji Enju Rajeg Dibanjiri Jamaah

Antusias masyarakat mendatangi rumah Haji Enju saat malam takbiran di Kampung Kukun, Kelurahan Sukatani, Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang, Selasa (9/4) malam. Foto: Zakky Adnan/Tangerang Ekspres--

TANGERANGEKSPRES.ID - Kemeriahan gema takbir menyambut lebaran sangat terasa di Kampung Kukun, Kelurahan Sukatani, Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang, tepatnya di kediaman Abah Haji Juhrotul Tamami (Haji Enju), tokoh masyarakat.

Gema takbir diiringi dengan iring-iringan berbagai wujud kreatifitas masyarakat sejumlah desa di Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang.

Ada yang berkonstum menyerupai kuntilanak merah, ada yang membuat replika unta, replika tokoh lagu anak 'Baby Shark' berukuran besar, ada yang berkostum ala timur tengah, ada yang membuat replika burung merak berukuran besar, replika gajah dan replika kuda terbang.

Malam takbiran di kediaman tokoh masyarakat yang dikenal darmawan tersebut juga dimeriahkan dengan kembang api.

Billy, salah seorang jaro yang mendampingi iring-iringan karnaval, beryukur masyarakat sejumlah desa sangat antusias menyambut hari kemenangan setelah sebulan berbuasa Ramadan.

"Ini terdiri dari beberapa desa. Datang diantaranya dari arah Rajawali, Desa Rajeg. Dengan tujuan rumah Abah Haji Enju. Alhamdulillah, ini lebih meriah dibandingkan tahun sebelumnya," ucapnya, Selasa (9/4/2024) malam.

Saat ditemui Tangerang Ekspres, Abah Haji Enju mengatakan, sudah delapan tahun ke belakang masyarakat desa berinisiatif melaksanakan pawai takbiran dengan tujuan ke diamannya. "Terkecuali, saat masa pandemi Covid-19 lalu," tuturnya.

Pantauan Tangerang Ekspres, peserta pawai keliling yang hendak pulang mengantri untuk menerima uang tunai yang dibagikan sejumlah orang di depan pintu gerbang rumah Abah Haji Enju. Untuk mencegah kemacetan di depan rumah Abah Haji Enju, sejumlah petugas kepolisian, Dishub dan ormas. (*)

Sumber: