8 Rumah di Cibeber Rusak Diterjang Longsor

8 Rumah di Cibeber Rusak Diterjang Longsor

Sejumlah warga Desa Ciherang melihat rumah yang rusak akibat tertimpa longsor.-Ahmad Fadilah-

TANGERANGEKSPRES.ID - Hujan deras yang mengguyur Desa Ciherang, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak mengakibatkan longsor yang menerjang 8 rumah warga. Akibatnya 3 rumah rusak berat dan 5 rumah rusak sedang.

 

Badi, Kepala Desa Ciherang, Kecamatan Cibeber mengatakan, peristiwa ini terjadi pada Minggu (3/3/2024) sekitar pukul 17.30 WIB sebelum magrib. Selain rumah warga, ada berapa lumbung padi atau leuit milik warga yang rusak dan tertimbun longsoran.

 

"Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, cuma rumah rusak berat 3 rumah dan 5 rusak sedang," kata Badi kepada Tangerang Ekspres saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (4/3/2024).

 

Badi mengaku, saat ini pihaknya terus melakukan pendataan. Peristiwa ini juga sudah dilaporkan kepada Pemkab Lebak melalui kecamatan dan BPBD Lebak.

 

"Iya kami inten melakukan koordinasi dengan Pemkab Lebak serta lembaga dan OPD terkait," ujarnya.

 

Terpisah, Kepala Pelaksana BPBD Lebak, Febby Rizki Pratama membenarkan peristiwa tanah longsor tersebut. Selain menimpa rumah warga, longsor juga merusak lumbung padi  warga.

 

"Kejadiannya dipicu curah hujan. Ada kolam ikan di atas pemukiman, mungkin sudah tidak mampu menampung air hujan, sehingga tanah di sekitarnya longsor," tuturnya.

 

Febby menjelaskan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian bencana tersebut. Namun untuk sementara warga yang terdampak bencana longsor terpaksa diungsikan ke rumah keluarga

 

"Tidak ada korban jiwa Pak, alhamdulillah selamat semua, untuk kerugian harta benda kita masih menghitungnya," katanya.(*)

Sumber: