9 TPS Pemilu di Lebak Rawan Akibat Blank Spot

9 TPS Pemilu di Lebak Rawan Akibat Blank Spot

Kapolres Lebak AKBP Suyono saat menghadiri acara simulasi Pemilu di Mapolres setempat.-A Fadilah/Tangerang Ekspres-

TANGERANGEKSPRES.ID - Polisi Resort (Polres) Lebak telah memetakan ada sekitar 9 TPS yang rawan. Hal tersebut karena TPS berada di lokasi yang jauh dari kantor Mapolsek dan sama sekali tidak adanya signal alias blank spot. Sehingga di lokasi itu susah untuk mendapatkan informasi secara cepat.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diharapkan, Polres Lebak menurunkan 904 personil guna mengamankan jalannya Pemilihan umum (Pemilu) 2024 yang akan berlangsung tanggal 14 Februari mendatang. Ratusan personil itu akan disiagakan di 3.995 tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di Kabupaten Lebak, dengan rincian Pers Pam TPS Res Lebak sebanyak 557 personil, Pam TPS BKO Polda Banten 249 personil serta 98 BKO Brimob.

Kapolres Lebak AKBP Suyono mengatakan, ratusan personil kepolisian itu sebelumya sudah dibekali keterampilan dan pemahaman, sehingga tugas pokok dan fungsinya sudah jelas, yakni mengamankan tempat pemungutan suara sesuai dengan SOP yang telah ditentukan.

“Kita turunkan 904 personil kepolisian untuk mengamankan jalannya Pemilu di tempat pemungutan suara. Petugas yang kita turunkan tentunya sudah diberikan pengarahan agar bertugas sesuai dengan SOP,” kata Suyono, kepada wartawan, di Rangkasbitung, Rabu (31/1/2024).

Bahkan kata dia, seluruh personil yang diterjunkan itu juga dibekali dengan berbagai peralatan seperti tas ransel. Pihaknya berharap, personil bisa bertugas dengan baik di lapangan, dengan begitu Pemilu dapat berjalan aman, tertib dan damai.

"Seluruh personil yang disiagakan sudah dalam siap diterjunkan di seluruh TPS yang ada. Hal itu kita pastikan setelah dilakukannya acara kesiapan dan simulasi pengamanan TPS operasi mantap brata 2024," ujarnya.

Lanjutnya, untuk daerah rawan akibat signal dan jauh dari Mapolsek, pihaknya telah mengantisipasi dengan melakukan koordinasi bersama muspika setempat dan keterlibatan masyarakat untuk  mensukseskan pemilu.

"Kita sudah siap. Tinggal kami mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk menjaga Kamtibmas dan dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik pada tanggal 14 Februari nanti,” papar Kapolres.

Kabag Ops Polres Lebak, Kompol Edy Prasetyo menambahkan, ratusan personil itu akan disiagakan tiga hari sebelum pelaksanaan pencoblosan.

”Tanggal 12 sudah pergeseran pasukan. Jadi tanggal 13,14 dan 15 mereka stand by di lokasi,” ucap Edi.(*)

Sumber: