Tak Ada Evaluasi Khusus, Simulasi Hitung Suara Pemilu 2024 Selesai 9 Jam

Tak Ada Evaluasi Khusus, Simulasi Hitung Suara Pemilu 2024 Selesai 9 Jam

Petugas KPPS, Komisioner KPU Kabupaten Tangerang dan Staf Ahli Bupati Tangerang Bidang Politik Prima Saras (tengah) menunjukkan surat suara saat foto bersama di TPS 02, Kampung Pasir Bolang, RT01/01, Desa pasir Bolang, Kecamatan Tigaraksa.-KPU FOR TANGERANG EKSPRES-

TANGERANGEKSPRES.CO.ID -- Komisioner KPU Kabupaten Tangerang Divisi Teknis Shandy Akbar mengatakan, tak ada evaluasi khusus usai simulasi pencoblosan dan hitung surat suara pemilu serentak 2024. Padahal, penghitungan surat suara terpaksa selesai pukul 21.00 WIB karena petugas dari kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) sudah kelelahan.

"Jadi kemarin itu kita simulasi pemilu dari pukul 07.00 WIB sampai dengan penghitungan surat suara. Namun, hitung suara tak sampai DPRD Kabupaten Tangerang karena petugas KPPS sudah kelelahan, jadi selesai di pukul 21.00 WIB. Tak ada evaluasi khusus hanya mereka grogi saja karena kan ditonton oleh petugas Se-Kabupaten Tangerang," jelasnya kepada Tangerang Ekspres, Senin (1/1/2024).

Shandy memaparkan, saat dilakukan simulasi petugas KPPS uji coba penggunaan sistem informasi rekapitulasi (Sirekap) untuk memudahkan tugas. Jadi mereka memfoto Formulir C1 Plano dan upload ke sistem. Lalu, mereka membuat berita acara sehabis penghitungan," jelasnya.

Diketahui, KPU Kabupaten Tangerang menggelar simulasi pemilu dan penggunaan sistem Sirekap di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 02. Tepatnya di Kampung Pasir Bolang, RT 01/01, Desa Pasir Bolang, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang.

"Hitung suara dan simulasi pemilu ini dengan pemilih di TPS 02 sebanyak 100 orang. Alhamdulillah semuanya datang," jelasnya.

Kata Shandy, saat hitung suara petugas mengerjakan unggah formulir C1 Plano ke SiRekap dan membuat berita acara. Namun, penghitungan hanya sampai pada Surat Surata pilpres, DPD, DPR RI dan DPRD Provinsi Banten.

"Kalau surat suara DPRD Kabupaten Tangerang tak dihitung karena petugas kelelahan. Ada tiga orang yang memang pengalaman di 2019 sehingga lebih cepat hitung suaranya. Itu saja tak ada evaluasi khusus," jelasnya. (*)

Sumber: