Ormas Islam Ikut Amankan Natal

Ormas Islam Ikut Amankan Natal

Kepala Kesbangpol Kota Tangsel Bani Khosyatullah. -Tri Budi/TangerangEkspres.co.id-

SERPONG, TANGERANGEKSPRES.CO.ID - Jelang natal, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Tangsel mengaku telah koordinasi dengan forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) terkair penumpukan jemaat di gereja yang akan merayakan natal.

Kepala Kesbangpol Kota Tangsel Bani Khosyatullah mengaku, jelang natal dan tahun baru kondusifitas suasana terjaga diwilayahnya. Pihaknya telah memetakan gereja-gereja yang akan mengadakan ibadah natal, baik katolik maupun protestas.

"Kita telah mendapa gereja mana saja yang mengadakan ibadah natal, termasuk berapa banyak jamaahnya," ujarnya kepada wartawan beberapa hari lalu.

Bani menambahkan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan beberapa organisasi masyarakat (ormas) islam jelang natal dan tahun baru. Dimana organisisi tersebut berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya juga terlibat dalam menkaga kondusifitas momen natal.

"Ada beberapa ormas islam yang ikut menjaga keamanan di gereja saat umat kristen maupun katolik melaksanakan ibadah natal. Kita juga sudah koordinasi dengan ormas ini," tambahnya.

Sementara itu, Kasubag Umum pada Kemenag Kota Tangsel Asep Aziz Nasser mengatakan, di wilayahnya terdapat 7 gereja katolik yang jumlah jamaahnya banyak.

"Ada sekitar 70 ribu jamaah yang akan ibadah di 7 gereja ini dan ibadah akan dibagi dalam 2 shift. Ibadah serentak dilaksanakan pada 24 Desember, yakni pukul 17.00 WIB dan 20.00 WIB. Kalau ibadah 25 Desember dibagi 3 shift, yakni pukul 07.00, 10.00 dan 17.00 WIB," ujarnya.

Asep menambahkan, untuk gereja kristen jumlahnya ada 22. Tapi, tempat-tempat tertentu yang bukan gereja yang dipakai buat ibadah ada 81 dan umatnya tidak lebih dari 30 ribu orang.

"Ibadah ditempat ini kebijakannya berbeda. Jam ibadahnya juga beda-beda," tambahnya. (*)

Sumber: