Trafik Data Naik 25 Persen Saat Puncak Lebaran 2023

Trafik Data Naik 25 Persen Saat Puncak Lebaran 2023

TangerangEkspres.co.id - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) menyebut terdapat peningkatan lalu lintas data pelanggan, terlebih pada malam takbiran atau Lebaran 2023 yakni melonjak 25 persen dibandingkan dengan Lebaran sebelumnya. SVP - Head of Network Operations Indosat Ooredoo Hutchison, Agus Sulistio mengatakan dalam periode libur Lebaran tahun ini, pemakaian aplikasi media sosial mengalami kenaikan sebesar 45 persen, messaging dan video call naik 28 persen, mobile gaming naik 14 persen, serta streaming video dan musik naik 10 persen dibandingkan dengan lebaran tahun lalu. Selanjutnya, pelanggan Indosat paling banyak mengakses aplikasi TikTok, WhatsApp, Youtube, Instagram, dan Facebook saat mengisi waktu mudik dan liburnya, termasuk penggunaan aplikasi permainan daring seperti Mobile Legend, Free Fire, dan PUBG. "Peningkatan lalu lintas data pelanggan tertinggi terjadi pada malam takbiran yang melonjak 25% dibandingkan Lebaran tahun sebelumnya," katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (27/4). Tak hanya itu, Indosat turut mencatatkan kenaikan lalu lintas data sebesar 15 perssn di masa libur Lebaran dibandingkan dengan hari normal tahun ini. Melalui analisa, Indosat berhasil mengantisipasi lonjakan trafik data yang signifikan di berbagai kota tujuan dan rute mudik di Pulau Jawa seperti Tasikmalaya, Cirebon, Sukabumi, Tegal, Serang, Solo, Purwokerto, Purwakarta, Banjarnegara, Cianjur, Madura, Bandung, Pati, dan Tuban. "Trafik data juga tercatat naik cukup tinggi di beberapa kota lainnya di luar Pulau Jawa, diantaranya di Metro-Kota Bumi, Baturaja, Bandar Lampung, Bone, Sampit, dan Pare-pare," ujarnya. Dikatakan Agus, untuk menjaga performa jaringan Indosat, tim internal dan mitra di command center dan di lapangan selalu siaga dalam mengantisipasi mobilitas dan kebutuhan pelanggan yang dinamis. Dengan peralatan dan dashboard khusus untuk pemantauan kualitas jaringan dan pengalaman digital pelanggan secara terus-menerus serta proaktif selama 24 jam 7 hari, 74% tiket pengaduan pelanggan berhasil diselesaikan kurang dari kurun waktu 24 jam sejak dilaporkan. "Berbagai aktivitas peningkatan kualitas jaringan telah dilakukan secara terpusat dan di lapangan untuk memastikan pelanggan menikmati pengalaman digital terbaik," terangnya. President Director & CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha mengatakan, sebagai hasil dari jaringan yang telah 100% terintegrasi di 46 ribu sites di seluruh Indonesia, Indosat berhasil memberikan jangkauan yang lebih baik dan luas untuk melayani kebutuhan telekomunikasi digital pelanggannya di kampung halaman sampai level kecamatan pada periode libur Lebaran 2023. "Dengan jaringan Indosat yang 100% terintegrasi, kami berkomitmen untuk terus meningkatkan pengalaman digital pelanggan yang menyesuaikan kebutuhan dan gaya hidup mereka. Hal ini sejalan dengan visi Indosat untuk menjadi perusahaan telekomunikasi digital yang paling dipilih di Indonesia," paparnya. (*) Reporter: Syirojul Umam

Sumber: