Pramuka Diharap Jadi Motor Penggerak Pembangunan

Jumat 20-10-2017,08:30 WIB
Reporter : Redaksi Tangeks
Editor : Redaksi Tangeks

SERPONG-Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tangsel bersama Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Tangsel menggelar kegiatan Orientasi Majelis Pembimbing (Mabi) Gerakan Pramuka Kota Tangsel di rumah makan Kampoeng Anggrek, Kamis(19/10).  

Kegiatan tersebut untuk mewujudkan Program Revitalisasi Gerakan Kepramukaan ke seluruh Organisasi Perangkat Daerah Kota Tangsel untuk Pembangunan kota pemekaran Kabupaten Tangerang tersebut.  

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tangsel Wiwik Martawijaya mengatakan, kegiatan orientasi tersebut untuk memberikan pencerahan tentang pendidikan kepramukaan untuk meningkatkan mutu pendidikan kepramukaan. Juga memberikan bekal kepada majelis pembimbing gerakan pramuka tentang tugas dan fungsi Mabi dalam mengolah pendidikan kepramukaan dilingkungannya masing-masing.

"Dan juga mampu memahami tentang rivitalisasi makna gerakan pramuka dan memahami tentang keberadaan gerakan pramuka," ujarnya, Kamis (19/10).  

Wiwik menambahkan, diharapkan dengan kegiatan ini peserta dapat lebih memahami pentingnya peran serta masing-masing dalam program revitalisasi gerakan pramuka. Apalagi berakan tersebut telah dicanangkan pemerintah beberapa waktu yang lalu. "Terlebih acara juga dihadiri beberapa perwakilan dari OPD yang merupakan majelis pembimbing cabang, ranting dan kelurahan," tambahnya.  

Lebih lanjut Wiwik menjelaskan gerakan pramuka diharapkan menjadi salah satu motor penggerak di daerah Kota Tangsel dalam mewujudkan kota yang cerdas, modern dan religius. "Jadi keberadaan pramuka bermanfaat dan berkontribusi dalam pembangunan," jelasnya.

Sementara itu, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengatakan, kegiatan tersebut sebagai salah satu upaya pemerintah kota dalam pengembangan pendidikan kepramukaan. "Tujuannya untuk memberikan pemahaman terkait dengan tugas pokok dan fungsi majelis pembimbing," katanya.  

Airin menambahkan, peranan Mabi cukup penting sebagai salah satu penopang keberhasilan kegiatan-kegiatan yang ada dalam program kerja kwartir cabang gerakan pramuka Kota Tangsel. Revitalisasi Gerakan Pramuka dilakukan dengan pemberdayaan pramuka yang dilakukan secara sistematis, berkelanjutan.

"Serta terencana untuk memperkokoh eksistensi organisasi dan lebih meningkatkan peran, fungsi dan tugas pokok gerakan pramuka”, tambahnya.  

Ibu dua anak ini berharap karakter dan kepribadian generasi muda dapat dibina. "Dan dikembangkan dalam pembangunan nasional dan khususnya di Kota Tangsel," tuturnya. (bud)

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler