Ia menambahkan, kehadiran layanan ini diharapkan bisa memberikan dampak positif yang berkelanjutan.
“Semoga program ini mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekaligus menumbuhkan kesadaran pentingnya menjaga keselamatan di lingkungan perkeretaapian,” jelas Yuskal.
Kegiatan Rail Clinic di Stasiun Serang menyediakan berbagai layanan kesehatan, mulai dari pemeriksaan umum, gigi, ibu hamil, laboratorium sederhana, hingga pemeriksaan mata. Selain itu, kegiatan ini juga dilengkapi dengan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut untuk anak-anak serta pembagian paket sembako kepada warga sekitar.
Tidak hanya layanan kesehatan, KAI juga menghadirkan Rail Library dengan koleksi bacaan anak dan dewasa serta fasilitas e-library interaktif. Manager Humas Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko, mengatakan program ini diharapkan memberi manfaat lebih luas bagi masyarakat.
“Kami berharap masyarakat dapat merasakan manfaat ganda, tidak hanya dari sisi kesehatan tetapi juga dari aspek pendidikan dan literasi. Inilah bagian dari bakti KAI untuk negeri,” ujarnya.
Kegiatan sosial ini melibatkan puluhan tenaga medis, mulai dari dokter umum, dokter gigi, bidan, perawat, tenaga optik, hingga apoteker yang memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat secara gratis. (ald)