Siswa SMPN 3 Curug Buat Inovasi AQUKANDE

Kamis 11-09-2025,18:19 WIB
Reporter : Randy Yasetiawan
Editor : Sihara Pardede

TANGERANG — Siswa SMPN 3 Curug mempunyai inovasi aquarium ikan endemik (Aqu­kande) yang dibuat di halaman sekolah. Akuarium yang dibuat ini dengan menggunakan toples yang telah mereka siapkan.

Nantinya aqurium ini akan di isi ikan yang di tangkap di sawah ataupun di saluran air yang ada di sekitar sekolah.

Sebelum membuat Aqu­kan­de, siswa membuat angket terlebih dahulu. Selanjutnya, mencari ikan endemik yang hidupnya di rawat ataupun saluran air yang ada di sekitar rawa yang ada di belakang sekolah. Setelah itu, mereka mulai membuat toples untuk ikan endemik dan juga mem­buat rak toples ter­sebut agar tidak jatuh dan juga bisa se­bagai hiasan sekolah.

Kepala SMPN 3 Curug Nur­aenun mengatakan, inovasi yang dilakukan oleh siswa sa­ngat bagus, karena mereka bisa belajar dari inovasi yang mereka lakukan. Selain itu, inovasi yang dilakukan adalah bukti bahwa siswa SMPN 3 Curug mempu­nyai kreativitas dalam belajar.

“Inovasi AQUKANDE adalah inovasi yang mereka pelajari sebelum mereka terapkan. Ma­ka itu sebelum membuat mereka melakukan isi angket yang dilakukan oleh ketua ke­lompok Aqukande. Dari situ, akan ketahuan apa saja yang bisa dilakukan setelah adanya Aqukande,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Rabu (10/9).

Nuraenun menambahkan, pihaknya selalu memberikan kebebasan kepada siswa dalam kreativitas belajar. Hal tersebut dilakukan agar siswa mempu­nyai kemampuan dalam me­ngembangkan pelajaran yang mereka dapatkan.

“Pengembangan belajar harus dilakukan oleh siswa jadi akan ketahuan sejauh mana mereka mengikuti pelajaran yang di­berikan. Jadi, saat mereka dapat pelajaran tinggal mereka kem­bangkan sendiri,” paparnya.

Ia menjelaskan, para siswa harus bisa berinovasi dalam belajar. Ini karena memang menjadi siswa harus bisa mem­punyai inovasi dalam belajar. Karena itu, sebagai daya ukur apakah siswa mengerti dalam materi pembelajaran atau tidak.

“Kurikulum merdeka, me­wajibkan siswa untuk mem­punyai inovasi dalam belajar. Bahkan, siswa juga di tuntut untuk mandiri belajar. Dan ha­rus dilakukan oleh siswa ja­ngan sampai siswa tidak meng­ikuti kegiatan belajar de­ngan baik. Siswa harus mem­buktikan, bahwa mereka adalah siswa yang mempunyai prestasi dan inovasi,” tutupnya.(ran)

Kategori :