Implementasikan KIP, Ketua DPRD Kabupaten Tangerang Muhamad Amud Gagas Program Coffee Morning

Jumat 04-10-2024,11:08 WIB
Reporter : Endang Sahroni
Editor : Endang Sahroni

TANGERANGEKSPRES.ID - Ketua DPRD Kabupaten Tangerang Periode 2024-2029 Muhamad Amud menyiapkan beragam terobosan program. Tak terkecuali dalam mengimplementasikan Keterbukaan Informasi Publik (KIP). 

Dalam hal ini, Amud, sapaan akrab Muhamad Amud, siap membuat program guna memastikan lembaganya menjalankan KIP. "Khususnya soal KIP. Kita akan siapkan bagaimana lembaga DPRD Kabupaten Tangerang bisa lebih terbuka," kata politisi Partai Golkar ini. 

Menurut Amud, sebagaimana diatur dalam Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi, maka lembaga yang dipimpinnya juga harus memastikan KIP itu terimplementasi. Dengan itu, Amud yang diketahui memiliki backgroun jurnalis ini, siap membuat kegiatan yang menjamin KIP di DPRD Kabupaten Tangerang.

"Pertama kita akan bikin Coffe Morning dengan teman-teman media," imbuh politisi yang lahir dan dibesarkan di Kabupaten Tangerang ini.

Dalam agenda coffee morning itu, kata Amud, akan dihadirkan narasumber yang akan menyampaikan kerja-kerja mereka secara periodik. Misalnya, dalam sebulan, sepekan atau per triwulan.

"Skemanya (coffee morning itu, red), AKD akan memberikan penjelasan. Satu bulan ini, misalnya, mengerjakan apa saja. Sehingga, apa yang DPRD lakukan itu bisa terpublikasikan ke masyarakat," terang Amud, yang merupakan Sekretaris Umum DPD Partai Golkar Kabupaten Tangerang ini.

Wacana program itu juga digagas Amud lantaran sejauh ini ia melihat bahwa implementasi KIP, khususnya keterbukaan melalui media massa di DPRD Kabupaten Tangerang belum massif.

Apalagi, katanya, masih ada sebagian teman-temannya yang belum ngeh dengan peran media, dalam hal ini fungsi wartawan.

"Ini (Keterbukaan, red) harus diperbaiki. Termasuk pemahaman sebagian teman-teman anggota DPRD terhadap media. Karena ada yang menganggap kalau media itu hanya cari yang salah. Yang benar gak ditulis. Padahal tidak selalu begitu," katanya.

Sebagai informasi, Amud dilantik sebagai Ketua DPRD Kabupaten Tangerang pada Kamis 3 Oktober 2024. Dan, selang beberapa jam pascaprosesi sakral itu, Amud langsung mengunjungi media Tangerang Ekspres yang berkantor di bilangan Modern Land, Kota Tangerang. 

Dengan fakta itu, rasanya tak berlebihan jika menilai Amud layak jadi contoh politisi lain di Tangerang. Karena apa yang disampaikannya tergambar dari apa yang dilakukannya. Khususnya soal ide KIP yang ia gagas misalnya. Sebab dengan berkunjung ke media massa, sejatinya itulah salah satu cara mengimplementasikan KIP dalam personal pejabat publik. (*)

Kategori :