Peringati Hari Bhakti Adhiyaksa, RSUD Pakuhaji Gelar Operasi Katarak Gratis

Kamis 11-07-2024,17:03 WIB
Reporter : Zakky Adnan
Editor : Sutanto

TANGERANGEKSPRES.ID - Pihak RSUD Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, menggelar bakti sosial (baksos) operasi katarak, di rumah sakit setempat, Kamis (11/7/2024). Tercatat, 11 orang yang dioperasi katarak.

 

Direktur RSUD Pakuhaji dr Umie Kulsum mengatakan, kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhiyaksa ke 64 tahun 2024.

 

"Pada momen ini, kami ingin berkontribusi sesama anak bangsa. Terlebih, kami tau masyarakat kita pun masih banyak yang membutuhkan pelayan kesehatan, khususnya soal penglihatan. Kita ketahui biaya operasi katarak cukup mahal. Perawatannya dan awal sebelum operasipun butuh waktu," jelasnya.

 

Awalnya, ia menuturkan, sebagai pimpinan rumah sakit mengumpulkan spesialis mata dan perawat mata, yang bersertifikasi kompetensi di bidang kesehatan mata, untuk melakukan operasi katarak.

 

"Terus kami menyadari, kalau nyari penderita perlu kerjasama dengan kepala-kepala puskesmas di wilayah Pantura Kabupaten Tangerang. Alhamdulillah, respon dari kepala puskesmas, kami dapat 30 calon pasien," tuturnya.

 

Lalu, lanjut Umie Kulsum, pihaknya melakukan skrining kesehatan calon pasien antara lain pengecekan tekanan darah, tensi, nadi, gula darah dan riwayat penyakit.

 

Setelah mendapatkan hasil skrining, akhirnya terdapat 11 pasien operasi katarak di RSUD Pakuhaji, dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhiyaksa ke 64 tahun 2024.

 

"Alhamdulillah, kami juga didukung PERDAMI (Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia) sebagai pendamping. Kami juga bersyukur didukung IDI (Ikatan Dokter Indonesia)," tambahnya. (*)

Kategori :