Komunitas Aku Mau Bantu Telusuri Sejarah Berdiri Kecamatan Rajeg

Kamis 27-06-2024,13:50 WIB
Reporter : Zakky Adnan
Editor : Sihara Pardede

TANGERANGEKSPRES.ID - Komunitas sosial Aku Mau Bantu bersama pihak Kantor Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang, melaksanakan diskusi tentang sejarah berdiri Kecamatan Rajeg, di aula kantor kecamatan setempat, kemarin.

Pendiri Aku Mau Bantu Suparji Rustam menuturkan, seminar ini berawal dari banyaknya pertanyaan dari kalangan pemuda terkait sejarah berdiri Kecamatan Rajeg.

"Karena kita ketahui, Rajeg ini heterogen (keberagaman)-nya sudah banyak sekali. Sedangkan, sejarah Rajeg berupa buku belum ada. Maka kami coba telusuri ke kearsipan Provinsi Jawa Barat, meski hasilnya kurang memuaskan. Arsip yang kami peroleh hanya catatan sejak 1982," tuturnya.

Namun tak berhenti sampai di sana, lanjutnya, pihaknya terus menggali informasi dari para tokoh di Kecamatan Rajeg, yang masih ada. Walhasil, pihaknya memperoleh beberapa sumber informasi dan referensi dari buku pada zaman Hindia Belanda serta Jepang.

"Alhamdulillah, para purna camat, tokoh masyarakat dan tokoh agama yang hadir, banyak memberikan masukan maupun wawasan mereka terkait histori Kecamatan Rajeg, sehingga memperkaya penulisan ataupun penelusuran sejarah yang kami lakukan," ucapnya.

Menurut Suparji Rustam, penentuan tanggal bulan dan tahun berdiri Kecamatan Rajeg, perlu dukungan semua pihak, agar penentuan tersebut bisa diperkuat dengan dokumen-dokumen yang diterbitkan negara, supaya penentuan tanggal bulan dan tahun berdiri Kecamatan Rajeg tidak hanya berdasar opini.

"Dan saran dari para tokoh, berdiri Kecamatan Rajeg, harus diselaraskan dengan hari jadi Tangerang dan diperkuat dengan dokumen," kata pria yang juga sebagai Ketua PMI Kecamatan Rajeg ini. (*)

Kategori :