Perolehan Kursi Partai Gerindra dan PDIP di DPRD Tangerang Selatan Menurun

Minggu 17-03-2024,20:46 WIB
Reporter : Tri Budi
Editor : Aries Maulansyah

TANGERANGEKSPRES.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangsel telah menyelesaikan rapat pleno rekapitulasi perolehan suara dalam Pemilu 2024. 

 

Dalam rapat dan hasil pleno tersebut sudah diketahui jumlah perolehan suara baik, presiden dan wakil presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi Banten maupun DPRD Kota Tangsel.

 

Untuk pemilihan DPRD Kota Tangsel sendiri, ada 50 kursi yang diperebutkan dari 6 daerah pemilihan (Dapil) yang ada. Ada partai politik (Parpol) yang memperoleh kursi melebihi atau naik perolehan kursi dari Pemilu tahun 2019 dan ada juga parpol yang perolehan kursinya menurun.

 

Salah satu parpol yang perolehan kenaikan kursi di DPRD Kota Tangsel adalah Golongam Karya (Golkar). Golkar pada Pemilu 2024 memperoleh 11 kursi, jumlah tersebut naik 1 kursi dibanding Pemilu 2019.

 

Ada juga Partai Keadilan Sejahtera yang mendapat 9 kursi dan jumlah tersebut naik 1 kursi dibanding Pemilu 2019. Nasip kurang baik justruk dialami Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), dimana pada Pemilu 2024 hanya mendapat 7 kursi. Jumlah tersebut turun satu kursi dibanding Pemilu 2019.

 

Hal senada juga dialami Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Pada Pemilu 2019 mendapat 8 kursi dan pada Pemilu 2024 hanya memperoleh 6 kursi di DPRD Kota Tangsel.

 

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris DPC Gerindra Kota Tangsel Yudi Budi Wibowo mengatakan, mengucap syukur atas terlaksananya dengan aman dan lancar Pemilu 2024.

 

"Yang pertama kami bersyukur, di Pilpres ketua umum kami yang juga Capres kami mendapatkan suara tertinggi di Tangsel. Dan Pilpres dan Pileg di Tangsel berjalan aman dan damai," ujarnya kepada TANGERANGEKSPRES.ID, Minggu (17/3/2024).

Kategori :