DLH Perbanyak Tanam Pohon Tabebuya di Kantor Pemerintahan

 DLH Perbanyak Tanam Pohon Tabebuya di Kantor Pemerintahan

Pohon Tebebuya berjejer di koridor Jalan Ciater Raya Serpong. Tri Budi/Tangerang Ekspres--

TANGERANGEKSPRES.ID - Pemkot Tangsel terus menambah atau menanam pohon jenis Tabebuya. Tanaman tersebut banyak ditanam di jalan-jalan Kota Tangsel, salah satunya disepanjang Jalan Ciater Raya, Serpong.

 

Pohon tabebuya memiliki warna bunga yang berbeda, yakni ada warna kuning, pink dan putih. Pohon tersebut berbunga bisa dua kali dalam satu tahun.

 

Jabatan Fungsional Pengawasan Lingkungan Hidup Muda pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangsel Indah Cahya Irianti mengatakan, tabebuya memiliki keunggulan seperti tahan panas, mudah merawat, akar kuat dan tidak merusak konstruksi disekitarnya.

 

“Tanaman ini spesialis musim panas

 Kalau musim panas justru berbungga, justru full daunnya rontok pas full bunga. Terus kalau mulai tumbuh daun, maka bunganya mulai rontok. Begitulah siklusnya. Kalau musim hujan bunganya sedikit,” ujarnya kepada TANGERANGEKSPRES.ID, Kamis (17/10/2024).

 

Indah mengatakan, semakin musim kemarau panjang maka pohon tabebuya akan mengeluarkn bungga yang lebat dan bentuknya cantik. Pohon tersebut saat ini sedang booming di Surabaya dan kota-kota besar lainnya.

 

"Pohon ini banyak diminati oleh kota-kota besar sebagai pohon pelindung. Keindahan dan warna bunganya mempesona bagi siapa saja yang melihatnya," tambahnya.

 

Menurutnya, pohon tabebuya memiliki keunggulan dengan batang yang kuat, akar yang tidak merusak fasilitas lain dan estetika yang menarik.

Sumber: