Santri Ikut Bersihkan Sampah di Acara Seba Baduy

Santri Ikut Bersihkan Sampah di Acara Seba Baduy

Nampak santri poto bareng saat melakukan aksi sosial di kawasan Seba Baduy 2024.-A Fadilah/Tangerang Ekspres-

TANGERANGEKSPRES.ID - Pemandangan unik tersaji di sela sela acara Seba Baduy 2024 yang dilaksanakan di Kabupaten Lebak. Selain kemeriahan acara tahunan tersebut, beberapa pengunjung juga dibuat terkesima karena keberadaan puluhan santri dari yayasan mengetuk pintu langit yang sigap memungut sampah disepanjang lokasi.

Dengan sigap puluhan santri mengumpulkan sampah yang berserakan. Sehingga keberadaan santri itu membuat kawasan sepanjang jalan melintasnya ribuan warga Baduy dan pengunjung itu menjadi bersih kembali seperti semula, padahal sampah yang  berasal dari pengunjung cukup banyak.

“Kita berterima kasih kepada puluhan santri dari yayasan mengetuk pintu langit yang membersihkan sampah dilingkungan lokasi Seba Baduy 2024,” kata Djaelani seorang warga sekitar lokasi Seba Baduy, kepada Tangerang Ekspres, Sabtu (18/5/2024).

Penanggung jawab yang juga pimpinan Yayasan Mengetuk Pintu Langit, Deden Sunandar mengatakan, bersih bersih sampah di lokasi Seba Baduy 2024 tersebut merupakan inisiasi para santri yang tergabung dalam komunitas santri peduli lingkungan yang menyadari jika besar kemungkinan terdapat tumpukan sampah yang berasal dari masyarakat dan pengunjung Seba Baduy.

Dengan begitu kata Deden, pihaknya mengajak semua santri untuk ikut aktif terlibat pada acara Seba Baduy dengan cara memungut sampah yang berserakan. Langkah itu dilakukan, selain untuk membantu pemerintah daerah juga bagian dari pada keperdulian para santri untuk ikut mensukseskan acara Seba Baduy.

“Sekitar 20 santri terlibat dalam acara santri peduli lingkungan. Aksi yang kita lakukan adalah memungut setiap sampah yang berserakan di lokasi acara Seba Baduy," ujar Deden Sunandar.  

Lanjut Deden, aksi membantu membersihkan sampah tersebut akan terus ia lakukan diberbagai acara negara dan lain lain. Karena, santri juga ingin ikut terlibat aktif dalam mengisi pembangunan.

Iwan Sutikno, kepala Dinas Lingkungan Hidup(DLH) Kabupaten Lebak memberikan apresiasi kepada santri dari yayasan mengetuk pintu langit yang telah terlibat aktif dengan cara membersihkan sampah di sekitar lokasi kawasan Seba Baduy 2024.

“Kita apresiasi kepada santri yang telah terlibat aktif di acara Seba Baduy, semoga ini menjadi contoh bagi yang lainnya,” ucap Iwan.(*)

Sumber: