Banjir Masalah Tahunan yang Tak Pernah Teratasi di Desa Cirumpak

Banjir Masalah Tahunan yang Tak Pernah Teratasi di Desa Cirumpak

Banjir di Desa Cirumpak, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang. -Dokumentasi Pemerintah Desa Curumpak-

TANGERANGEKSPRES.ID - Persoalan banjir di Kampung Cirumpak Ilir, RT 01, RT 02 RW 01, Desa Cirumpak, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang, menjadi masalah klasik yang tak pernah usai.

 

Sekarang hampir setiap tahun terjadi banjir di wilayah itu, yang tadinya terjadi hanya lima tahunan. Banjir yang terjadi di alamat tersebut membuat masyarakat menderita.

 

Ironisnya, pemerintah belum pernah menunjukan langkah nyata, dalam rangka mengantisipasi pencegahan banjir yang terus berulang kali di alamat tersebut.

 

Padahal, penyebab banjir di alamat itu sudah bisa diidentifikasi, baik itu karena pendangkalan Sungan Cimanceuri, maupun belum tersedianya pintu air yang memadai.

 

Berdasarkan data pemerintah desa setempat, sebanyak 181 Kepala Keluarga (KK) dengan 130 rumah terdampak banjir di alamat tersebut, pada 28 April sampai 6 Mei 2024 atau 9 hari.

 

Menurut Kepala Desa Cirumpak Ridwan Afif, pemberian bantuan sembako sebagai wujud simpati kepada korban terdampak banjir. Namun menurutnya, pemberian bantuan itu tidak menyelesaikan permasalahan.

 

"Bantuan sembako tidak akan pernah menyelesaikan akar persoalan banjir," kata Ridwan Afif, kepada Tangerang Ekspres, Kamis (16/5/2024).

 

Sumber: