Pasca Libur Lebaran Banyak Pencaker Datang, Bupati Tatu Minta Jangan Menetap Jika Tidak Keterima Kerja

Pasca Libur Lebaran Banyak Pencaker Datang, Bupati Tatu Minta Jangan Menetap Jika Tidak Keterima Kerja

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah saat diwawancarai wartawan di Pendopo Bupati Serang, Selasa 16 April 2024.-Agung Gumelar/tangerangekspres-

TANGERANGEKSPRES.ID - Pasca libur lebaran Idul Fitri 2024, biasanya ada beberapa perusahaan di Kabupaten Serang yang membuka Lowongan Kerja (Loker), karena wilayah industri yang banyak didatangi Para Pencari Kerja (Pencaker) dari luar daerah.

 

Atas fenomena itu, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah meminta, Pencaker yang bukan warga asli Kabupaten Serang dan tidak keterima kerja dalam seleksi perekrutan perusahaan, agar tidak terlalu lama menetap di Kabupaten Serang.

 

Pasalnya, mereka yang belum mendapatkan pekerjaan meskipun bukan warga Kabupaten Serang, apabila menetap lebih dari enam bulan tetap bakal tercatat oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Serang dalam angka pengangguran.

 

"Setelah hari raya Idul Fitri atau hari besar lainnya, biasanya banyak yang datang untuk mencari kerja di Kabupaten Serang, karena disini banyak sekali industri. Apabila sudah mendekati enam bulan belum dapat pekerjaan, mohon maaf untuk kembali lagi ke kampungnya masing-masing, supaya tidak menjadi beban persentase pengangguran di Kabupaten Serang," katanya kepada kepada wartawan di Pendopo Bupati Serang, Selasa 16 April 2024.

 

Tatu mengatakan, sudah menyampaikan ke camat untuk disampaikan kepada kepala desa, supaya dapat menyeleksi masyarakat luar Kabupaten Serang, yang belum mendapatkan pekerjaan diberikan himbauan agar tidak terlalu lama tinggal di Kabupaten Serang.

 

Karena, biasanya setelah perayaan hari besar itu banyak masyarakat Kabupaten Serang, yang membawa keluarganya dari kampung untuk mencari pekerjaan.

 

"Karena, disini wilayah industri biasanya masyarakat itu membawa keluarganya dari luar Kabupaten Serang, untuk mencari kerja dan mengadu nasib. Sehingga, kepala desa harus menyeleksi mereka yang tidak bekerja supaya tidak lama tinggal, karena bakal tercatat dalam angka pengangguran di Kabupaten Serang," ujarnya.

 

Sumber: