800 Pedagang Pasar Subuh Rangkasbitung Akan Direlokasi

800 Pedagang Pasar Subuh Rangkasbitung Akan Direlokasi

Aktivitas pedagang subuh di Pasar Rangkasbitung, Senin (15/4/2024).--

TANGERANGEKSPRES.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak akan memindahkan 800 lapak pedagang subuh ke Pasar PKL Kandang Sapi, di Desa Narimbang Mulya, Kecamatan Rangkasbitung.

Orok Sukmana, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Lebak mengatakan, pemindahan 800 pedagang yang rencananya akan direlokasi tersebut merupakan pedagang kaki lima (PKL) Pasar Subuh di Rangkasbitung yang selama ini berjualan di badan jalan Sunan Kalijaga dan Tirtayasa.

“Pemindahan yang menjadi prioritas para pedagang Pasar Subuh yang menempati sepanjang Jalan tersebut sudah mendesak dan tempat yang buat mereka sekarang dibangun belum memadai untuk 800 pedagang," kata Orok Sukmana, kepada Tangerang Ekspres, Senin (15/42024).

Namun, kata Orok, relokasi terhadap 800 pedagang tersebut tidak akan dilakukan dalam waktu dekat. Pasalnya, Pemerintah Kabupaten Lebak lebih fokus kepada penambahan gedung Pasar Kandang Sapi.

“Sekarang lebih mempersiapkan tambahan gedung dan sarana pendukung lainnya. Kalau sudah cukup sesuai dengan kebutuhan baru direncanakan relokasi secara serentak,” ujarnya.

Menurut Orok, Pemerintah Kabupaten Lebak mengusulkan Rp4,6 miliar melalui bantuan keuangan (bankeu) provinsi untuk membangun Pasar Kandang Sapi.

“Diusulkan di angka Rp4,6 miliar. Iya masih bersifat usulan, saat ini masih berproses dan verifikasi,” tuturnya.

Lanjut dia, usulan anggaran tersebut untuk menyelesaikan pembangunan pasar PKL Kandang Sapi yang sebelumnya sudah dibangun dengan anggaran hampir Rp3 miliar dari Pemerintah Pusat.

“Jadi pembangunan pertama hanya untuk sekitar 180 pedagang, itu belum termasuk dengan sarana dan prasarana serta penunjang lainnya,” ucapnya. (*)

Sumber: