SDN Buaran Bambu I Ajak Siswa Untuk Menjaga Kesehatan Gigi

SDN Buaran Bambu I Ajak Siswa Untuk Menjaga Kesehatan Gigi

Siswa Buara Bambu I, Kecamatan Pakuaji, saat mengikuti sosialisasi merawat dan melakukan sikat gigi masal di halaman sekolah.-Randy Yastiawan-

TANGERANGEKSPRES.ID - Siswa SDN Buaran Bambu I, Kecamatan Pakuaji, diajak menjaga kesehatan gigi dengan membiasakan sikat gigi bangun tidur, setelah makan, dan juga sebelum tidur. Hal tersebut, untuk tetap menjaga gigi tetap sehat dan kuat serta terhindar dari kuman.

Bahkan, para siswa juga diminta untuk tidak malas menggosok gigi mereka dengan odol dan sikat gigi yang bagus. Karena, usia siswa SD gigi mereka rentan terkena penyakit akibat makanan yang mereka makan.

Kepala SDN Buaran Bambu I Arif Ropii mengatakan, mengajak siswa untuk sikat gigi memang susah gampang, karena banyak yang tidak mau sikat gigi dan ada yang mau melakukan sikat gigi. Tetapi, demi kesehatan gigi mereka harus dilakukan dan harus di jaga agar gigi tetap kokoh dan kuat di usia mereka.

"Kegiatan ini bekerjasama dengan puskesmas Pakuaji, seluruh siswa wajib mengikuti sosialisasi ini agar mereka tidak malas menggosok gigi mereka. Karena, usia siswa SD sangat rentan dengan penyakit gigi seperti gigi bolong atau gusi yang bengkak,"ujarnya kepada TANGERANGEKSPRES.ID, Rabu (17/1/2024).

Arif menambahkan, para siswa juga di ingatkan jam untuk menggosok gigi mereka, agar mereka bisa terbiasa menggosok gigi di waktu yang telah diberikan. Jadi, tidak alesan lagi untuk malas merawat gigi.

"Orangtua juga diingatkan untuk mengajak anaknya melakukan sikat gigi, karena sikat gigi tidak memakan waktu lama hanya berapa menit saja tetapi manfaatnya sangat luar biasa,"paparnya.

Ia menjelaskan, tidak hanya melakukan sosialisasi saja, para siswa juga di periksa gigi mereka untuk memastikan apakah gigi mereka sehat atau tidak, jika mengalami kerusakan maka bisa di tangani dan di berikan vitamin serta obat untuk mengantisipasi sakit yang berkelanjutan.

"Gigi sehat sangat penting, karena saat mereka dewas nanti ketika mereka ingin menjadi polisi, tentara, atau profesi lainnya kesehatan gigi menjadi faktor utama. Maka itu, sejak dini harus di lakukan perawatan agar gigi para siswa tetap sehat dan bersih serta terhindar dari penyakit,"tutupnya. (*)

Sumber: