PKM STMIK Eresha Pamulang Kota Tangsel, Ajarkan Pelajar Bisnis Online

PKM STMIK Eresha Pamulang Kota Tangsel, Ajarkan Pelajar Bisnis Online

MAUK – Akses internet berperan besar akan terbukanya akses informasi dan pengembangan kualitas, serta daya saing suatu bangsa. Bagi generasi muda Indonesia, internet sudah menjadi bagian dari keseharian mereka, bahkan kebutuhan akan internet terus meningkat dari waktu ke waktu. Namun tidak dapat dipungkiri, sebagian besar anak usia sekolah masih memanfaatkan internet sebatas untuk mengakses media sosial dan hiburan. Mahasiswa  STMIK Eresha Pamulang, Kota Tangsel, dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), dilaksanakan di SMA Pradigma, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, mengajak memanfaatkan internet dalam mewujudkan ide-ide dan menyalurkan bakat mereka. Mahasiswa memberikan pengetahuan dan wawasan strategi pemasaran dalam dunia online. Serta mengenalkan berbagai e-commerce dan bagaimana memanfaatkan yang ada sebagai wadah untuk memulai bisnis online. Menilai sangat penting mengajarkan manfaat dari internet sejak dini. Karena melalui internet, para siswa dapat mewujudkan ambisinya sesuai bakat dan minat. Kegiatan yang diikuti oleh 50 siswa kelas XII ini, bertemakan “Mengaplikasikan Media Sosial Sebagai Saran Bisnis Komersil di Era Industri'. “Kami mengenalkan serunya berbisnis menggunakan media sosial. Pemanfaatan media sosial yang tak hanya sekadar update status dan foto kepo orang lain,” jelas Teguh Ardianto, salah satu mahasiswa PKM STMIK Eresha Pamulang, kemarin. Kata Teguh, sudah banyak para talenta muda yang mempunyai nama besar di Indonesia yang memanfaatkan bisnis online. Mereka menurutnya lahir dari pemanfaatan internet yang sangat positif, bahkan tidak melulu berasal dari kota besar. Teguh berharap, akan lebih banyak lagi pihak yang tergerak dan terlibat, untuk turut mendukung ambisi anak muda Indonesia melalui bisnis online. Dosen pendamping PKM STMIK Eresha Pamulang Nurhasanah S.Kom mengatakan, kegiatan PKM sebagi wujud memberikan pengetahuan dan wawasan mengenai strategi pemasaran dalam dunia online pada para siswa. Pada kegiatan ini, mahasiswa mengenalkan berbagai e-commerce bagaimana memanfaatkan marketplace lokal yang ada, sebagai wadah para siswa dalam memulai bisnis online. Tidak hanya itu, para siswa dapat memanfaatkan berbagai media sosial untuk memulai bisnis, atau usaha sehingga peran media sosial menjadi bernilai lebih positif bagi para siswa. Menurut Nurhasanah, selain mengedukasi para siswa terhadap multi manfaat media sosial dalam pengembangan ekonomi dan bisnis. Kegiatan ini sebagai salah satu bentuk pengaplikasikaan ilmu yang dimiliki mahasiswa STMIK Eresha Pamulang. “Sebagai simulasi bagi mahasiswa STMIK Eresha Pamulang untuk menerapkan ilmu yang sudah didapatkan di perguruan tinggi, dalam memberikan kontribusi secara langsung kepada masyarakat. Semoga apa yang mahasiswa sampaikan bermanfaat dan berguna bagi siswa,” terangnya. (mas)

Sumber: