Siaga Bencana 24 Jam, Siapkan Bantuan Logistik dan Personel

Rabu 03-12-2025,21:01 WIB
Editor : Endang Sahroni

TANGERANGEKSPRES.ID, TANGERANG — Pemkot  Tangerang melalui Dinas Sosial memastikan kesiap­siagaan penuh dalam meng­hadapi potensi bencana, khususnya menjelang pun­cak musim penghujan pada Desember 2025 ini. 

Kepala Dinas Sosial Kota Tangerang, Mulyani me­nga­takan, pihaknya memastikan seluruh aspek menghadapi potensi terjadinya bencana siaga 24 jam, mulai dari lo­gistik, personel hingga ar­mada.

“Kami siap siaga untuk mengantisipasi terjadinya bencana di Kota Tangerang, terutama dalam penyediaan logistik bagi warga terdam­pak bencana,” ungkap Mul­yani, saat ditemui di Kantor Dinsos Kota Tangerang, Pro­vinsi Banten, Rabu, 3 De­sember 2025.

Dia menjelaskan, logistik yang disiapkan meliputi ke­butuhan sandang dan pa­ngan, seperti pakaian, handuk, selimut, kasur lipat, serta perlengkapan keber­sihan. Sementara untuk ke­butuhan pangan, Dinsos menyediakan makanan siap saji, beras, mie instan, air mineral, lauk pauk, hingga persiapan dapur umum dan nasi bungkus pada kondisi darurat.

Meski demikian, penge­lolaan stok tetap dilakukan secara cermat. 

“Jika stok ter­lalu banyak, ada risiko kedaluwarsa. Ka­rena itu, kami menerapkan bumper stock yang selalu siap, dan apabila dibutuh­kan, kami akan melakukan pembelian tambahan,” papar Mulyani. 

Di sisi personel, Dinsos mengerahkan gabungan pegawai Dinsos serta Taruna Siaga Bencana (Tagana) se­banyak kurang lebih 45 orang. Seluruhnya disiapkan dalam sistem piket yang aktif selama 24 jam. 

”Untuk memperkuat res­pons cepat, Dinsos juga men­jalin koordinasi aktif dengan berbagai unsur lintas sektor seperti BPBD, keca­matan, kelurahan, Kampung Siaga Bencana (KSB), Karang Taruna, PSM, TKSK hingga RT/RW. Informasi cuaca dan potensi bencana diper­barui setiap hari melalui grup komunikasi lintas wila­yah,” tuturnya. 

Terkait prosedur per­mo­honan bantuan, kata Mul­yani, masyarakat dapat me­laporkan melalui lini wi­layah masing-masing, mulai dari RT/RW, lurah, hingga kecamatan. Selain itu, Dinas Sosial juga secara proaktif melakukan pene­lusuran informasi warga terdampak untuk percepatan penanganan.

”Masyarakat pun tetap da­pat memanfaatkan laya­nan call center Dinsos Kota Tangerang, termasuk nomor hotline dan layanan pang­gilan darurat 112 untuk me­laporkan kondisi darurat. Semua jalur komunikasi ka­mi buka agar warga bisa segera mendapatkan ban­tuan saat dibutuhkan,” pung­kas Mulyani. (adv)

Kategori :