Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Difasilitasi Internet Gratis

Selasa 09-07-2024,12:37 WIB
Reporter : Tri Budi
Editor : Andi Suhandi

TANGERANGEKSPRES.ID - Sejak 2017 sampai saat ini Dinas Komuniasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangsel memiliki program internet gratis. Pemasangan internet gratis dipasang di kantor-kantor milik pemerintah, fasilitas publik seperti balai warga, musala, masjid dan lainnya.

 

Tahun ini Diskominfo juga akan memasang internet gratis di pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) yang ada di Kota Tangsel.

 

Kepala Bidang Pengelolaan Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Dinas Kominikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Tangsel Syaiful Bahri mengatakan, PKBM merupakan bagian dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan menjadi pelayan Kominfo juga.

 

"Ada 58 PKBM se-Tangsel yang akan kita pasang internet gratis," ujarnya saat kegiatan fasilitas internet publik di pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) Kota Tangsel di Aula Blandongan, Balai Kota, Selasa (9/7/2024).

 

Syaiful menambahkan, PKBM keberadaannya dibawah bidang PNFI Dindikbud Kota Tangsel. Mereka memegang dan mengelola program paket kesetaraan, ada paket A untuk SD, B, umtuk SMP dan C untuk SMA, serta termasuk life skill.

 

"Makanya dalam rangka pelayanan kepada masyarakat tentunya ini bagian dari sisi penguatan teknologi informasi," tambahnya.

 

Menurutnya, syarat untuk mendapat internet publik silahkan mengajukan kepada Diskominfo. Sampai saat ini pihaknya sudaj memasang 1.061 wifi gratis di fasilitas umum. Jumlah tersebut berbeda dengan yang dipasang di kantor-kantor pemerintahan.

 

"Sampai 2025 target kita lasang 2500 titik wafi gratis di fasilitas publik. Tahun ini 1.078 titik target kita pasang wifi gratis di fasilitas publik tapi, nanti kita bertahap pasanganya," tuturnya.

Kategori :