Pemimpin Potensial Pilkada Lebak, Sanuji dan Agil Solusi Perubahan Besar

Minggu 02-06-2024,14:53 WIB
Reporter : A Fadilah
Editor : Sihara Pardede

TANGERANGEKSPRES.ID - Menjelang perhelatan Pilkada Lebak 2024, situasi dan kondisi politik di Lebak kian dinamis dan penuh kejutan. Bahkan saat ini muncul dua tokoh politisi yang memiliki potensi besar untuk meraih kemenangan, yakni Sanuji Pentamarta (Wakil Walikota Cilegon) dan M Agil Zulfikar (Ketua DPRD Lebak).

"Mereka adalah pasangan yang ideal, mengingat rekam jejak dan karakter kepemimpinan yang saling melengkapi di 6 dapil Kabupaten Lebak," kata Musa Weliansyah, anggota DPRD Lebak, Minggu (2/6/2024).

Dalam konteks ini, menurut dia, jumlah partai pendukung bukanlah faktor penentu utama; yang penting adalah memenuhi syarat pencalonan, misalnya melalui PKS dan PPP. Kedua partai tersebut,  sudah bisa mengusung pasangan calon bupati dan wakil bupati pada Pilkada Lebak 2024.

Meski demikian, kata dia, akan lebih baik jika ada partai lain yang berkoalisi seperti Gerindra, PKS, NasDem, dan PPP, tentunya akan memberikan keunggulan tambahan, sebab dapat membentuk kekuatan besar.

"Saat ini masyarakat Lebak sudah mendambakan pemimpin yang mampu membawa perubahan signifikan, dicintai bukan karena kekuatan, tetapi karena kualitas kepemimpinannya yang luwes, lugas, dan santun," ujar Musa.

Dikatakan dia, para pemimpin tersebut harus bekerja dengan niat tulus untuk membangun Kabupaten Lebak, tanpa memanfaatkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sebagai ladang bisnis keluarga, kelompok, atau golongan.

Tentunya pra bakal calon pemimpin Kabupaten Lebak ke depan juga harus memiliki semangat tinggi, ketulusan, dan komitmen untuk kemajuan di berbagai sektor.

Adapun karakteristik bakal calon bupati dan wakil bupati yang memiliki potensi besar memenangkan Pilkada 2024, yakni harus ada sosok generasi muda pengalaman yang mendampingi.

"Sosok M Agil Zulfikar ini, meski usianya baru 26 tahun, merupakan politisi muda yang dimiliki Gerindra ini menunjukkan potensi besar untuk menjadi wakil bupati," tuturnya.

Hal tersebut bukan omong kosong, karena jika dilihat dari pengalaman kepemimpinan dan lingkungan keluarganya yang mendukung, serta kekuatannya yang diterima oleh masyarakat Kabupaten Lebak, terutama kaum milenial. Bukan hal mustahil jika Agil menjadi kandidat kuat untuk bisa menangi Pilkada Lebak.

M. Agil Zulfikar memiliki daya tarik yang luar biasa jika berpasangan dengan siapapun, namun akan sangat tepat jika disandingkan dengan tokoh atau politisi yang memiliki pengalaman kepemimpinan sebagai bupati, wakil bupati, walikota, atau wakil walikota.

"Sosok yang tepat untuk didampingi oleh anak muda seperti Agil, adalah Sanuji Pentamarta dari PKS, sosok yang memiliki segudang pengalaman di legislatif dan eksekutif," terang Musa.

Diketahui, Sanuji menjadi Anggota DPRD Lebak dua periode (1999-2004, 2004-2009) dan dua periode Anggota DPRD Provinsi Banten (2009-2014, 2014-2019). Adapun untuk pengalaman di eksekutif, Sanuji saat ini menjabat sebagai Wakil Walikota Cilegon. Ia resmi menduduki posisi orang kedua di kota baja terhitung sejak 26 Februari 2021.

"Sanuji adalah pemimpin yang jujur, cerdas, dan sederhana. Selama 20 tahun di legislatif dan 5 tahun di eksekutif, kekayaan Sanuji hanya sekitar Rp6,7 miliar. Ini mencerminkan kesederhanaan dan integritasnya. Sanuji juga dikenal dekat dengan masyarakat kecil dan tidak sombong, menjadikannya pilihan tepat untuk memimpin Kabupaten Lebak," ungkapnya.

M Agil Zulfikar, ketua DPRD Lebak mengaku, siap maju pada pilkada Lebak jika dipercaya masyarkat dan partai. Untuk Partainya, yakni Gerindra saat ini tengah menunjuk 3 kader untuk maju di pilkada Lebak salahsatunya dirinya.

"Jika perintah partai saya harus siap, karena Gerinda satu komando, jika partai sudah memberi komando kita harus laksanakan," ucapnya.(*)

Tags :
Kategori :

Terkait